Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Januari 2019 | 14:36 WIB

Kemahiran Berbahasa Inggris Indonesia Menurun?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 13 Desember 2018 | 20:10 WIB

Berita Terkait

Kemahiran Berbahasa Inggris Indonesia Menurun?
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Tahun ini, Indonesia menduduki peringkat 51 dari 88 negara di dunia, dengan penurunan skor menjadi 51,58 dari 52, 14 pada tahun lalu dalam kecakapan berbahasa Inggris.

Skor ini menempatkan Indonesia pada posisi ke - 13 dari 21 negara di Asia dan berada di bawah rata - rata kecakapan bahasa Inggris kawasan Asia sekitar 53,94.

Peringkat Indonesia bertahan di tingkat kecakapan rendah sejak 2017 dan masih berada di bawah peringkat negara ASEAN lainnya, seperti Singapura dengan 68,63, pada tingkat kecakapan sangat tinggi.

Kemudian Filipina 61,84 dan Malaysia 58,32 di tingkat kecakapan tinggi. Bahkan Indonesia, berada di bawah Vietnam 53,12 yang berada di tingkat kecakapan menengah.

"Posisi Indonesia apabila dibagi per regional terlihat area Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali mempunyai kemampuan yang tinggi. Kemampuan rendah di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan Kalimantan Timur," kata Dr. Minh N. Tran, Executive Director of Academic Affairs, EF Education First, saat ditemui di Jakarta, Kamis, (13/12/2018).

Kemudian, untuk area yang sangat rendah ada di wilayah Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan.

"Di Indonesia terdapat tiga kota yang menunjukkan perkembangan kecakapan bahasa Inggris terbaik, yaitu Surabaya sebagai best city, Bali sebagai best improvement region dan Bandung sebagai most improved city," tambahnya.(tka)

Komentar

x