Find and Follow Us

Senin, 20 Mei 2019 | 09:29 WIB

Cegah Diabetes dengan Pemberdayaan Masyarakat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 11 Desember 2018 | 21:30 WIB
Cegah Diabetes dengan Pemberdayaan Masyarakat

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menegaskan komitmen Indonesia untuk mencegah dan mengendalikan Diabetes melalui pemberdayaan masyarakat.

Sebagai bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), Pemerintah Indonesia telah membentuk Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PTM, sebagai upaya terdepan pencegahan dan pengendalian PTM.

Pencegahan dan pengendalian diabetes jelas membutuhkan perhatian semua orang dan juga kebijakan nasional dengan pendekatan revolusioner.

Seperti yang dikutip dari siaran pers, Selasa, (11/12/2018), penyelesaian masalah diabetes terkait dengan perubahan perilaku dan membangun sinergi positif untuk menumbuhkan iklim yang kondusif pada aspek pencegahan dan perubahan perilaku pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat serta institusi seperti tempat kerja.

Tiga hal utama perlu dilakukan yakni:

1. Perubahan perilaku yang terkait makanan sehat dan berimbang, aktivitas fisik, menghindarkan diri dari rokok dan alkohol;

2. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala; dan

3. Perbaikan tatalaksana penanganan penderita dengan memperkuat pelayanan kesehatan primer, akan menjadi prioritas dalam beberapa tahun ke depan.

Seperti diungkapkan oleh Direktur Jenderal WHO, dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, melalui Video Message di MCOD, tiga strategi untuk mempercepat program pencegahan dan pengendalian Diabetes adalah Prevention, Prevention and Prevention.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menkes bahwa kekuatan Cegah, Cegah dan Cegah dapat dimulai dari pendekatan penguatan pelayanan kesehatan di tingkat primer untuk mencegah dan mengendalikan Diabetes.

Pendekatan ini terbukti efektif untuk menurunkan faktor risiko PTM, yaitu, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya PTM, dan dengan menyiapkan lingkungan yang sehat bagi masyarakat.

Dengan kata lain, masyarakat harus bisa menjadi lebih pintar untuk memilih apa yang perlu mereka konsumsi untuk mencegah Diabetes.(tka)

Komentar

Embed Widget
x