Find and Follow Us

Rabu, 17 Juli 2019 | 15:53 WIB

Ini Persoalan yang Dirasakan Para Ibu Rumah Tangga

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 11 Desember 2018 | 19:10 WIB
Ini Persoalan yang Dirasakan Para Ibu Rumah Tangga
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Persoalan yang kerap menjadi beban dalam masalah keuangan rumah tangga adalah beban hutang.

Menurut Horas Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Dewan Komisioner OJK, salah satu yang menjadi kewajiban yang harus dibayar adalah hutang. Ini adalah cicilan yang secara rutin harus dibayar dan menjadi kewajiban. Namun, masih menurut Horas, masalah keuangan dalam rumah tangga datang karena pada dasaranya setiap orang yang berhutang membayar hutangnya namun ternyata mulai mencari hutang lagi.

"Ini yang kerap terjadi. Sekarang banyak yang menyediakan pinjaman uang dalam bentuk online. Namun, harus diingat dan melihat kemampuan diri untuk membayar," kata Horas Tarihoran saat ditemui di acara Prudentials Literasi Keuangan untuk Perempuan, Jakarta, Selasa, (11/12/2018).

Masih menurutnya, dengan banyaknya aplikasi yang menawarkan pinjaman uang, seharusnya masyarakat yang sudah berumah tangga bisa membuat perencanaan keuangan terlebih dahulu. Hal ini sangat bermanfaat agar bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang diperlukan atau yang tidak.

"Tidak mudah memang merencanakan keuangan dalam rumah tangga. Tidak cukup dengan dua jam atau sehari. Tetapi harus dengan baik belajar merencanakan keuangan dan membutuhkan waktu yang lama," tambahnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x