Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 15:31 WIB

Asah Kreatifitas

Anak Rancang Pelangi di Piring Makanku

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 8 Desember 2018 | 11:35 WIB
Anak Rancang Pelangi di Piring Makanku
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Sorong - Dalamrangka mendukung program Gerakan NUSANTARA 2018, sangat penting untuk mengajak anak - anak terutama yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) untuk berkreasi di atas piring makannya.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan murid tentang gizi seimbang dan potensi makanan di daerah Sorong. Tentunya, para murid tidak sendiri, karena mendapat dukungan dari guru dan juga orangtua. Kegiatan ini didukung oleh Frisian Flag Indonesia (FFI) yang mengajak murid SD Inpres 109 Sorong untuk berpartisipasi dalam lomba Pelangi di Piring Makanku.

"Inti dari pelaksanaan lomba Pelangi di Piring Makanku adalah mengajarkan kepada murid kandungan gizi di piring makan mereka dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Setiap kelompok yang terdiri dari 8-10 anak diminta untuk membawa makanan masing-masing dari rumah dan kemudian disatukan dalam piring yang mewakili kelompoknya. Salah satu perwakilan anggota kelompok kemudian bertugas untuk mempresentasikan piring yang mereka bawa dan menjelaskan apa saja kandungan gizi yang ada didalamnya. Frisian Flag Indonesia pun mendorong murid untuk membawa makanan pokok yang biasa mereka konsumsi di tempat tinggal mereka untuk memperdalam pengetahuan tentang kandungan gizi makanan di Sorong," kata Corporate Sustainability Development Manager Frisian Flag Indonesia Refa Hayudi Griyanda, seperti yang dikutip dari siaran pers, Sorong, Sabtu, (08/12/2018).

Komponen penilaian dari kegiatan ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Jenis makanan yang dibawa beragam dan memiliki kandungan gizi yang baik, baik dari bahan pangan hewani ataupun nabati;

2. Warna makanan yang ada didalam piring bervariasi yang dihasilkan dari warna alami makanan, misal nasi putih, sayuran hijau, buah yang merah atau kuning, dan susu putih;

3. Porsi yang dipresentasikan pun harus tepat sesuai dengan kebutuhan gizi anak;

4. Penilaian terakhir adalah presentasi setiap perwakilan kelompok yang menunjukkan tingkat pemahaman gizi yang terkandung dalam makanan yang di presentasikan.

Wakil Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKGK UI) Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH menyatakan, kegiatan ini mengajarkan kepada murid bahwa setiap warna dari sayur, buah dan bahan pangan lain memiliki manfaat kesehatan tersendiri.(tka)

Komentar

Embed Widget
x