Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 02:06 WIB

Pemerintah Diminta Tetapkan Hari Tenun dan Songket

Oleh : Aris Danu | Jumat, 7 Desember 2018 | 22:29 WIB

Berita Terkait

Pemerintah Diminta Tetapkan Hari Tenun dan Songket
(Foto: Istimewa)

INILAH.COM, Jakarta-Anna Mariana, perempuan yang dikenal sebagai pelestari kain tenun dan songket tengah berjuang untuk lahirnya hari Tenun dan Songket Nasional seperti halnya penetapan Hari Batik Nasional.

Upaya perempuan yang merupakan pendiri, Dewan Pakar dan Pembina di Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia (KTTI) itu dengan melakukan audiensi dengan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Gedung DPR RI, Senayan, Kamis (6/12/2018). Anna datang ke Gedung Parlemen bersama Tengku Ryo Rizqan (Ketua Umum KTTI) dan Ibu Musdalifah (Dewan Pembina KTTI).

"Agar ketika peringatan Hari Batik, seluruh Indonesia mengenakan batik, dan di tanggal lain akan mengenakan tenun. Biar ini bisa menjadi ajang promosi berjalan," kata Anna dalam keterangan tertulis.

Anna memaparkan, Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang masih secara aktif memelihara budaya pembuatan kain tenun dan songket. Untuk itu, Anna berharap pemerintah memberi perhatian lebih dengan menetapkan peringatan Hari Tenun dan Songket sebelum diklaim oleh negara lain.

"Karena jika pemerintah abai, bisa jadi suatu saat negara lain yang mengklaim kain tenun dan songket sebagai budaya mereka,"

Sementara itu, Bamsoet mendorong usulan peringatan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober ditingkatkan menjadi Hari Batik dan Tenun Nasional.

"Setelah sukses memasyarakatkan batik, kita harus memberikan perhatian yang sama terhadap keberadaan tenun. Penggabungan Hari Batik dan Tenun Nasional akan membuka mata dunia tentang betapa kayanya budaya wastra khas Indonesia," kata Bamsoet

"Kita akan melihat tenun mendunia, seperti halnya Batik. Namun terlebih dahulu harus dimulai dari dalam negeri sendiri. Segera akan saya coba komunikasikan dengan Presiden Joko Widodo agar beliau juga mendukung pencanangan Hati Batik dan Tenun Nasional," Bamsoet, menambahkan. [adc]

Komentar

Embed Widget
x