Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 02:35 WIB

Kuatkan Kredibilitas Pariwisata Indonesia

Kemenpar Gelar ISTA dan Sayembara Desain 2018

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 1 Desember 2018 | 17:45 WIB

Berita Terkait

Kemenpar Gelar ISTA dan Sayembara Desain 2018
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia kembali mengadakan penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara.

Ini adalah kali kedua Kemenpar mengadakan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) yang diadakan sejak tahun 2017. Sementara Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 merupakan rangkaian terbaru dari Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Kedua penghargaan ini diadakan untuk memperkuat 3C: Confidence, Credibility, Calibration bagi pariwisata Indonesia.

"Penghargaan penting dilakukan karena dapat meningkatkan rasa percaya diri, kredibilitas, dan dapat dijadikan sebagai pengukur performansi atau yang biasa saya sebut 3C: Confidence, Credibility, Calibration ," kata Menpar Arief Yahya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, (30/11/2018).

Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 diselenggarakan untuk membangun kesadaran pengelola destinasi akan pentingnya pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan. Prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan mengacu pada Permenpar No. 14 Tahun 2016 mengenai Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Valerina Daniel, menjelaskan, "Prinsip dari Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia adalah 3P+1M yaitu, People, Planet, Prosperity plus Management. Dalam Bahasa Indonesia, pemberdayaan masyarakat, pelestarian alam, dan peningkatan kesejahteraan yang ditambahkan aspek pengelolaan secara profesional. Pariwisata berkelanjutan konsepnya adalah "Semakin Dilestarikan, Semakin Mensejahterakan".

Dalam penyelenggaran Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) tahun ini, selain memberikan penghargaan kepada 17 penerima ISTA 2018, Kementerian Pariwisata juga memberikan penghargaan khusus kepada individu-individu yang telah berkontribusi besar terhadap Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia yang disebut Nayaka Pariwisata dan kepada destinasi-destinasi yang konsisten menerapkan Pariwisata Berkelanjutan, yaitu Pamong Pariwisata.

Selain itu sebagai bentuk dukungan atas pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Kementerian Pariwisata juga menyelenggarakan Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018. Dengan demikian, desain yang diajukan untuk berpartisipasi dalam Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 harus bertemakan arsitektur khas lokasi tersebut dan dapat menyatu dengan desain bangunan di daerah-daerah tersebut. Dalam salah satu Rapat Terbatas, Presiden Republik Indonesia menyarankan bahwa pasar cenderamata agar dibangun dengan desain-desain arsitektur lokal yang baik.

Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, mengatakan, "Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 tidak hanya sebagai upaya menjaga kearifan budaya lokal Indonesia tapi juga untuk melahirkan ikon-ikon desain bangunan dan infrastruktur lingkungan yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia".(tka)

Komentar

x