Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 02:00 WIB

Sebelum Investasi, Millenial Harus Tetapkan Tujuan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 1 Desember 2018 | 15:35 WIB

Berita Terkait

Sebelum Investasi, Millenial Harus Tetapkan Tujuan
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Sebelum menentukan investasi, sebaiknya para kaum millenial harus menetapkan tujuan terlebih dahulu.

Penetapan tujuan ini sangat berkaitan erat dengan perencanaan keuangan. Agar kebutuhan sehari - hari terpenuhi, pastinya investasi harus sesuai dengan pendapatan setiap bulan.

"Sebelum memulai investasi, tetapkan tujuan keuangan. Setelah itu, atur penghasilan dengan baik," kata Financial Trainer & Founder QM Financial Ligwina Hananto, saat ditemui di Jakarta, Sabtu, (01/12/2018).

Ada 3 hal agar keuangan tetap sehat yaitu pertama biasakan catat pengeluaran. Kedua, alokasikan uang untuk menabung.

"Anak millenial bisa menambung setiap bulan, minimal 10 peraen dari penghasilan bulanan. Cicilan, maksimal 30 persen dari penghasilan bulanan, pengeluaran rutin, untuk pribadi atau lifestyle maksimal 20 persen dari penghasilan bulanandan sosial. Ketiga, menjaga cicilan agar maksimal 30 persen dari penghasilan bulanan," tambahnya.

Untuk menabung, para milenials dapat melakukannya di bank konvensional, menabung emas atau berinvestasi. Buat rekening terpisah antara pengeluaran bulanan, rekening hura-hura dan rekening menabung untuk tujuan tertentu seperti Dana Darurat, Dana Pendidikan dan lainnya.

Reksadana salah satu bentuk investasi yang direkomendasikan untuk para millenial.

Reksadana mudah dibeli dan mudah dicairkan, jangka waktu yang bisa dipilih sesuai tujuan keuangan dikelola secara profesional dan berbiaya relatif rendah serta tentunya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).(tka)

Komentar

Embed Widget
x