Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 02:14 WIB

Ini Waktu Terbaik untuk Mendongeng

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 28 November 2018 | 17:05 WIB

Berita Terkait

Ini Waktu Terbaik untuk Mendongeng
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anda masih bingung kapan waktu yang tepat untuk mendongeng? Nah, kuncinya adalah komunikasikan hal ini kepada buah hati Anda.

Menentukan waktu yang tepat untuk mendongeng ternyata bukan sepenuhnya bergantung pada waktu yang dimiliki orangtua, tetapi, semua ini harus melibatkan sang buah hati.

"Karena, waktu yang tepat adalah bagaimana menentukannya berdasarnya partisipasi anak. Semua ini adalah hak dasar anak. Cobalah dengan suara hati anak juga. Kalau untuk waktu yang dimiliki orangtua itu tidak relevan. Jadi, tanyakan kepada anak apakah dia ingin mendengarkan dongeng atau tidak," kata Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), saat ditemui di acara Nivea #SentuhanIbu, Jakarta, Rabu, (28/11/2018).

Masih menurut Seto, umumnya memang dongeng dilakukan sebelum tidur. Orangtua bisa membiasakan mendongeng dari cerita yang sederhana. Pengenalan karakter dalam dongeng dan intonasi dalam berbicara ketika bercerita pada dasarnya bisa dilatih setiap saat.

Hal ini agar anak bisa mendapatkan sensasi yang berbeda ketika mendengar cerita baru.

"Anak bisa membayangkan, ketika bagaimana orangtua menceritakan suatu hal dengan ekspresif. Tapi yang perlu diingat adalah apa yang diberikan tidak kalah penting adalah bagaimana berlatih, memilih tema yang baik ketika ingin mendongeng," tambahnya.

Seorang Ibu menurut Seto harus bisa menjadi artis serba bisa. Ketika bercerita benar - benar memahami apa yang ingin disampaikan kepada anak. Ketika ingin menyisipkan sebuah lagu, bernyanyilah dengan baik.

"Seorang Ibu harus menjadi artis yang serba bisa. Jangan asal nyanyi, tetapi harus bisa memberikan yang terbaik. Kemudian bicara yang baik. Jadi semua bisa dilatih. Berbicara, bernyanyi, dan semua bisa dilatih," paparnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x