Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 23:56 WIB

Agar Anak Tidak Bosan

Ini Tips untuk Orangtua Jaman Now

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 28 November 2018 | 16:10 WIB

Berita Terkait

Ini Tips untuk Orangtua Jaman Now
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa tips untuk orangtua jaman now (sekarang) dalam mengurus anak. Ini berkaitan agar anak tidak bosan dalam menjalani aktivitas sehari - hari.

Menurut Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), orangtua harus memiliki cara mengatasi rasa bosan yang ditunjukkan buah hatinya. Untuk mengatasi hal tersebut, cara satu - satunya bukan memberikan gadget atau gawai.

"Hal itu tidak menjadi solusi yang baik. Bisa jadi justru malah menimbulkan adiksi terhadap gadget. Karena itu, dengan mendongeng adalah salah satu cara agar bisa memberikan sesuatu hal yang berbeda. Sensasinya juga berbeda. Ada komunikasi yang terbangun antara orangtua dan anak ketika orangtua melakukan dongeng kepada anak," ujar Seto Mulyadi saat ditemui di acara kampanye Nivea #SentuhanIbu, Jakarta, Rabu, (28/11/2018).

Orangtua jaman sekarang mungkin tidak memiliki banyak waktu. Namun, orangtua bisa meluangkan waktu untuk mendongeng kepada anaknya. Bagaimana caranya agar tidak terlihat membosankan? Berikut adalah tipsnya.

1. Harus Kreatif

Orangtua harus bisa kreatif memberikan sebuah cerita baru. Tidak harus dengan cerita rakyat yang melegenda. Tetapi, bisa juga mengarang cerita yang melibatkan barang - barang di sekitar rumah.

"Jadi orangtua benar - benar harus bisa kreatif. Agar imajinasi anak semakin terasah dan berkembang," tambah Seto.

2. Jangan bosan dan harus sabar

Mendongeng adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Sehingga buatlah suasana yang menarik dan tidak membosankan.

Orangtua bisa membiasakan diri untuk mendongeng setiap hari, yang terperting adalah jangan pernah bosan.

"Kemudian kunci lainnya adalah harus sabar. Karena, mendongeng untuk anak butuh kesabaran. Anak akan banyak tanya, dan ciptakan suasana yang sangat menarik. Sehingga perhatian anak tetap tertuju pada Anda," paparnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x