Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 01:59 WIB

Tiga Faktor Potensi Millenial Dongkrak Pariwisata

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 27 November 2018 | 17:45 WIB

Berita Terkait

Tiga Faktor Potensi Millenial Dongkrak Pariwisata
Menteri Pariwisata Arief Yahya - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ada sekitar tiga faktor potensial dari millenial menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk meningkatkan potensi pariwisata Indonesia.

1. Millenials memiliki needs dan behaviour yang distinct, khususnya karena mereka sangat bergantung pada teknologi dan sosial media. Ini menjadi segmentasi terbaik adalah tidak mensegmentasi.

"Menurut saya, segmentasi terbaik adalah tidak mensegmentasikan. Di dunia digital itu, kita melihat satu persatu. Karakternya. Ketika kita tahu satu persatu, kita tidak perlu mengelompokkan orang. Jadi kita harus satu - satu dan melayanainya," kata Menpar Arief Yahya saat ditemui di acara Deregulation in Cyber Tourism Era, Jakarta, Selasa, (27/11/2018).

2. Millenials sebagai segmen yang penting karena size dan influencing powernya, yaitu big and loud.

"Mereka memiliki power yang sangat besar. Terutama ketika berada di dunia maya," tambahnya.

3. Diperlukan pengembangan strategi marketing khusus sebagai suatu inisiatif untuk mengkapitalisasi potensi masa depan industri pariwisata. Who wins the future, wins the game.

"Kalau kita tidak membuat promosi berdasarkan millenials. Saya menggaransi, pasti pariwisata Indonesia ditinggalkan. Karena dalam marketing, kalau bisa memenangkan masa depan pasti bisa memenangkan persaingan," paparnya.

Menpar menambahkan, ada sekitar 57 persen penduduk Asia dikuasai oleh anak - anak milenial berusia 15 - 35 tahun. Hal ini juga mempengaruhi jumlah wisatawan mancanegara (Wisman), yang datang ke Indonesia.

"Sekitar 50 persen wisman yang datang ke Indonesia adalah millenial," paparnya. (tka)

Komentar

x