Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 22:29 WIB

Tanaman Tapak Dara Berkhasiat Atasi Kanker

Oleh : Suyadi | Selasa, 27 November 2018 | 16:27 WIB

Berita Terkait

Tanaman Tapak Dara Berkhasiat Atasi Kanker
(Foto: Istimewa)

TANAMAN tapak dara dengan nama latin Catharanthus roseus dipercaya ampuh untuk obat kanker. Jenis tanaman tapak dara yang umum dikenal orang adalah berbunga putih dan ungu dengan tinggi lebih kurang 0,8 Cm.

Bagian bawah batang tanaman tapak dara bercabang banyak dan berkayu. Bentuk daunnya memanjang dengan bulu-bulu halus di kedua sisinya. Daun tapak dara mengandung senyawa alkaloid yakni vinblastin dan vincrintin. Kedua senyawa tersebut mempunyai sifat anti neoplastik yang mampu melawan sel-sel kanker.

Sementara itu daun, bunga, buah dan batang tanaman tapak dara juga mengandung alkaloida yang disebut katarantin yang berkhasiat sebagai antikanker. Zat tersebut sama dengan zat yang terkandung di dalam plasma sel kanker. Sehingga jika masuk ke dalam tubuh penderita kanker akan diserap oleh plasma kanker. Akibatnya inti kanker akan terdesak dan akhirnya hilang.

Tapak dara dipercaya sebagai obat tradisonal untuk mengatasi kencing manis dan kanker. Bahkan dianggap mampu menyembuhkan penderita kanker darah atau leokimia yang hingga kini masih sulit ditemukan obatnya.

Komentar

Embed Widget
x