Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 02:51 WIB

The Top 10 of Asia Magazine

Kemenpar Raih Penghargaan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Minggu, 25 November 2018 | 11:00 WIB

Berita Terkait

Kemenpar Raih Penghargaan
(Foto: Inilahcom/Mia Umi Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian pariwisata (Kemenpar) kembali membukukan catatan gemilang. Kali ini datang dari The Top 10 of Asia Magazine di event Top Asia Corporate Ball 2018.

Event yang digelar 23 November 2018 di Double Tree by Hilton, Jakarta, menganugerahkan Indonesia dengan penghargaan Asia's Top Nation Cultural Diversity (Most Exciting Cultural Experience for Tourist).

"Puji syukur, ini prestasi yang luar biasa. Kami semakin confidence, makin kredibel. Penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras seluruh stakeholder yang terlibat," ujar Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani yang diamini oleh Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni, Sabtu (24/11/2018).

Menurutnya, penghargaan ini akan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia secara signifikan. Dengan award ini membuat seluruh stakeholder semakin solid dan percaya diri. Selai itu award ini membuktikan jika nama Indonesia semakin diperhitung di kancah pariwisata dunia.

Terlebih penghargaan ini datang dari The Top 10 of Asia Magazine. Sebuah majalah berbahasa Inggris yang diterbitkan oleh RHA Media Sdn Bhd (Research House of Asia). Majalah ini distribusinya mencakup seluruh toko buku besar nasional, ruang bisnis pilihan, kedutaan besar, hotel & ruang tunggu VIP, asosiasi perdagangan, badan profesional, serta lembaga pemerintah dan kementerian. Jumlah pembacanya sebanyak 400.000 orang top Asia.

"Bukan itu saja, penghargaan ini dihasilkan dengan melakukan survei publik secara online untuk wilayah Asia. Yang artinya publiklah yang mengakui jika pariwisata Indonesia merupakan yang terbaik," ucap Giri.

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni mengatakan, Top Asia Corporate Ball diselenggarakan sejak tahun 2013. Selama ini event tersebut dilaksanakan di Kuala Lumpur.

Baru tahun ini Jakarta menjadi tempat pelaksanaan penghargaan ini. Majalah ini juga pernah menempatkan Presiden Jokowi sebagai cover majalah tersebut pada tahun 2015.

"Ini merupakan stimulus bagi kita untuk semakin lebih baik meningkatkan sektor pariwisata Indonesia yang saat ini telah menjadi core ekonomi bangsa. Karena pariwisata terbukti sebagai cara cepat mendongkrak perekonomian Indonesia," ucap Sumarni.


Revolusi sektor pariwisata memang telah dilakukan Kementerian Pariwisata Indonesia. Pencapaian 14 juta lebih kunjungan wisatawan asing di tahun 2017 menjadi pembuktiannya. Seluruh sektor pariwisata Indonesia ikut dipoles. Pemasaran dan Promosi, pengembangan destinasi wisata serta pengembang Sumber daya manusia menjadi fokus utamanya.


"Strategi pemasaran dan promosi, pengembangan tujuan prioritas, dan pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata menjadi targetnya. Termasuk juga pengembangan 3A, yaitu Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi menjadi poros yang kita kembangkan," ujar Sumarni.


Peningkatan tersebut pun mendapat pengakuan dari dunia internasional. Baru-baru ini Kemenpar dinobatkan sebagai BEST National Tourism Organization di ajang TTG Travel Awards 2018. Media ternama asal Inggris The Telegraph, telah menetapkan Indonesia sebagai "Top-20 Fastest Growing Tourism Industry in the World".


Kunjungan Wisman ke Indonesia tumbuh 22 persen, atau 3 kali lipat dibanding rata-rata pertumbuhan dunia 6 persen, dan regional Asia Tenggara 7 persen.

"Di tahun 2018, Indonesia mengalami kenaikan peringkat, menempati posisi kedua dalam Global Moslem Travel Index (GMTI).
2015 (ranking 6), 2016 (ranking 4), 2017 (ranking 3)," paparnya.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, penghargaan tersebut membuktikan brand Wonderful Indonesia luar biasa. Menurutnya, bila semua direncanakan, maka kita bisa memastikan kemenangan.

"Kemenangan itu direncanakan. Pertama, kenali dunia, kenali dirimu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Kedua, kenali musuhmu, kenali dirimu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Ketiga, kenali pelangganmu, kenali dirimu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Sama seperti Sun Tzu," ungkap Menteri Arief Yahya.

Yang lebih terpenting lagi award ini menandakan Wonderful Indonesia semakin diperhitungkan serta meningkatkan kepercayaan diri.

"Award ini memiliki tiga makna, yang sering saya sebut sebagai 3C. Yakni menaikkan confidence sebagai bangsa, mengangkat credibility sebagai negara dan berfungsi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia itu," pungkas Menteri asal Banyuwangi tersebut. (*)

Komentar

Embed Widget
x