Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 16:45 WIB

Lihat Kesiapan Anak untuk Mulai MPASI

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 21 November 2018 | 20:10 WIB
Lihat Kesiapan Anak untuk Mulai MPASI
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Saat memulai memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada anak, para orangtua harus benar - benar memperhatikan kesiapan anak. Seperti apa?

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, kondisi setiap anak sangat berbeda. Ada anak yang pada usia enam bulan memang sudah siap untuk menerima MPASI. Misalnya, terlihat dari berat badannya.

"Ada juga yang usianya 5 bulan, tetapi berat badannya tidak tercukupi. Jadi sudah mulai bisa diberikan MPASI untuk mengejar ketertinggalan berat badan. Tetapi semua itu harus dikonsultasikan kepada dokter sebelum memulai MPASI," kata Reisa saat ditemui di acara acara BEABA: Babycook NEO, Jakarta, Rabu, (21/11/2018).

Masih menurutnya, pada usia bayi pada 6 bulan anak baru bisa mencerna makanan namun, bisa tetap diberikan dengan ASI.

"kalau di usia ini lebih cenderung lembut. harus paling tidak mirip dengan cairan ASI," tambahnya.

Reisa juga menjelaskan, untuk meningkatkan tekstur makanan, pada dasarnya setiap anak memiliki hal yang berbeda. Ada yang bisa beradaptasi dengan baik ketika diberikan MPASI, ada juga yang butuh adaptasi.

"Setiap anak itu beda - beda. Ada yang sudah pintar ketika diberikan makanan yang cair, kemudian lebih ke arah lembut dan bertekstur. Ada yang adaptasi dulu sekitar dua minggu," ujarnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x