Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Maret 2019 | 22:17 WIB

Mengenal Lebih Dekat Jenis Mutiara

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 15 November 2018 | 21:05 WIB

Berita Terkait

Mengenal Lebih Dekat Jenis Mutiara
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mutiara adalah salah satu perhiasan dan menjadi salah satu kekayaan yang terdapat di Indonesia.

Menurut Ratna Zhuhry sebagai kurator Mutiara pada pameran Warisan 2018, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil mutiara terbanyak. Keragaman mutiara dan ragam warna dimiliki di Indonesia dan tidak dimiliki atau ditemui di negara lain.

"Indonesia itu penghasil mutiara jenis south sea perl terbesar di dunia. Warnanya juga sangat kaya. Ada warna putih, ceamy, silver, silver white, dan banyak lagi," kata Ratna saat ditemui di acara Pameran Warisan 2018, Jakarta, Kamis, (15/11/2018).

Mutiara jenis lain yang kerap dicari banyak orang adalah Black Peels. Masih menurut Ratna, mutiara jenis ini tidak terdapat di Indonesia. Jika ada seseorang mengaku mendapatkan mutiara jenis Black Peels di Indonesia, itu tentu bukan asli hasil dari alam Indonesia.

"Jenis Black Peels, itu tidak ada di Indonesia. Itu adalah barang luar," tambahnya.

Kemudian, adalah jenis Mutiara Aqua. Ini adalah mutiara yang banyak berasal dari Jepang dan Cina.

Selanjutnya adalah jenis mutiara imitasi. Mungkin ini yang paling banyak dimiliki orang. Karena, orang berpendapat, mengapa beli mutiara mahal sedangkan ada mutiara yang murah.

"Jika orang mengerti bagaimana berharganya mutiara, pasti memilih yang asli. Karena, mutiara yang asli bisa awet sepanjang masa," ujarnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x