Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 22:30 WIB

Cegah Penyakit Tidak Menular

GE Healthcare Resmikan Pemasangan 1000 CT Scan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 12 November 2018 | 12:55 WIB

Berita Terkait

GE Healthcare Resmikan Pemasangan 1000 CT Scan
(Foto: Inilahcom/Mia Umi Kartikawati)

INILAHCOM, Bekasi - GE Healthcare, penyedia teknologi dan solusi kesehatan, terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Kali ini bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh setiap 12 November, GE Healthcare meresmikan pemasangan Computerized Tomography Scan (CT Scan) yang ke-1000 se-Asia Tenggara. tepatnya berada di Departemen Radiologi OMNI Hospitals Pekayon. Bekasi Selatan. Jawa Barat.

Teknologi CT Scan sebagai penunjang layanan kesehatan memegang peranan yang penting dalam mendeteksi berbagai penyakit termasuk di dalamnya penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, hipertensi dan lain sebagainya.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) prevalensi penyakit tidak menular mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun 2013. Adapun prevalensi kanker naik dari 1.4 persen menjadi 1.8 persen, stroke naik dari 7 persen menjadi 10.9 persen, penyakit ginjal kronik naik dari 2 persen menjadi 3.8 persen, dan berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah, hipertensi naik dari 25.8 persen menjadi 34.1 persen.

Karena itu, pemerintah merekomendasikan deteksi dini sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit tidak menular. sekaligus bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diluncurkan oleh pemerintah pada tahun 2016.

"Seiring dengan meningkatnya angka kejadian penyakit tidak menular dan kebijakan JKN/BPJS dari pemerintah, GE Healthcare meneruskan komitmennya dalam upaya meningkatkan akses layanan kesehatan. Melalui teknologi CT Scan, dokter dapat mendeteksi dini penyakit tidak menular dalam diri pasien. sehingga penanganan dapat dilakukan sejak awal dan mencegah penyakit berkembang menuju fase yang lebih serius," kata Putty Kartika, Country Director, GE Healthcare Indonesia di Omni Hospital Pekayon, Bekasi, Senin, (12/11/2018).

Lebih lanjut Putty Kartika menjelaskan, dari 1000 CT Scan se-Asia Tenggara, 30 persen alat terpasang di rumah sakit seluruh Indonesia. termasuk di OMNI Hospitals Pekayon. Teknologi CT Scan GE Healthcare juga telah membantu 5 juta pasien di seluruh Indonesia. Jumlah pasien terbantu ini tentunya akan terus bertambah. seiring dengan berjalannya kerja sama baik antara GE Healthcare dan OMNI Hospitals Pekayon.

"Kami berharap teknologi CT Scan ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam mendeteksi dan mencegah timbulnya penyakit tidak menular. Kami percaya perilaku deteksi dini secara rutin merupakan investasi jangka panjang bagi suatu negara. karena terbukti mampu mengangkat status negara menjadi negara dengan penduduk yang sehat dan produktif," tambahnya.

Hassan Themas, Direktur OMNI Hospitals Group mengatakan, PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME). pemilik dan pengelola OMNI Hospitals Group terus berkembang dengan menghadirkan unit rumah sakit baru tiap tahunnya. Rumah sakit terbaru adalah OMNI Hospitals Pekayon yang baru beroperasi pada 10 September lalu.

"Kami memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan GE Healthcare di ke-empat unit Rumah Sakit OMNI Hospitals Group, khususnya dalam menghasilkan solusi layanan kesehatan yang inovatif bagi OMNI Hospitals Group untuk masyarakat Indonesia. Untuk menunjang kualitas deteksi dini, OMNI Hospitals Pekayon telah menginstal perangkat medis berteknologi terkini, yaitu 128 slices CT Scan dari GE Healthcare. Mesin CT Scan ini menjadikan kami satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang berkompeten dalam menjalankan prosedur Low Dose CT Scan (LDCT) dan Virtual Colonoscopy," kata Hassan. (tka)

Komentar

Embed Widget
x