Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 00:34 WIB

Empat Faktor Ibu Sulit Memberikan ASI

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 2 November 2018 | 11:25 WIB

Berita Terkait

Empat Faktor Ibu Sulit Memberikan ASI
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM,Jakarta - Ada beberapa kesulitan yang kerap dihadapi para Ibu menyusui. Ini biasanya membuat Ibu baru merasa cemas dan gelisah.

Mengutip dari akun instagram @ibupedia_id, Jumat, (02/11/2018), Air Susu Ibu (ASI) adalah anugerah yang terbaik yang diberikan para Ibu kepada buah hatinya. Namun, tidak semua Ibu berhasil memberikan ASI kepada anaknya.

Berikut adalah beberapa faktor kesulitan yang dihadapi para Ibu ketika menyusui buah hatinya.

1. Pemberian susu formula di rumah sakit

Enggak semua Ibu bisa merasakan lancarnya produksi ASI di hari pertama setelah melahirkan. Kemudian, tidak jarang rumah sakit memberikan susu formula, meski tidka dibutuhkan secara medis. Tapi, kalau anak butuh sufor karena alasan medis, Ibu perlu fleksible.

2. Masalah menyusui

Hampir semua Ibu pasti pernah mengalami masalah menyusui, mulai dari mastitis, milk duct, pelekatan salah, puting luka, atau payudara bengkak. Kalau sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya tetapi enggak berhasil, segera ke konselor laktasi untuk cari bantuan.

3. Tenaga kesehatan tidak pro ASI

Masih ada tenaga kesehatan atau dokter anak yang belum pro ASI. Jadi, kita harus pintar - pintar mencari bantuan dari tenaga kesehatan yang berpengalaman membantu Ibu menyesui.

4. Tempat kerja enggak mendukung

Banyak Ibu yang tidak bisa memompa ASI teratur di kantor, tidak adanya ruang laktasi, atau kulkas untuk menyimpan ASIP. Efeknya, produksi ASI jadi drop dan kebutuhan ASI anak tidak terpenuhi.(tka)

Komentar

Embed Widget
x