Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 00:42 WIB

Penyakit Kulit Autoimun

Psoriasis Ditandai dengan Kulit Bersisik

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 1 November 2018 | 17:20 WIB

Berita Terkait

Psoriasis Ditandai dengan Kulit Bersisik
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Mungkin tidak banyak orang yang tahu, apa itu penyakit psoriasis. Penyakit ini ditandari dengan kulit bersisik.

Ini adalah penyakit kulit autoimun. Di dunia, ada sekitar 125 juta orang mengalami psoriasis. Meski tergolong penyakit kulit, ini tidak menular.

Menurut dr. Endi Novianto, SpKK, biasanya pasien psoriasis mengalami penebalan kulit, bewarna merah dan bersisik yang terasa gatal, pedih dan tidak nyaman di bagian tubuh terutama kulit kepala, siku, lutut, wajah, tangan, kaki, dan disertai dengan kerusakan kuku.

"Selain kulit, psoriasis juga dapat mengenai sendi dengan gejala pembengkakan, kekakuan, disertai nyeri terutama pada sendi jari tangan. Hal ini kerap dikenali sebagai penyakit sendi biasa," kata dr Endi dalam temu media World Psoriasis Day di RSCM, Kamis (01/11/2018).

Tidak hanya itu, psoriasis juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami darah tinggi, kencing manis, kolesterol tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Menurut dr Endi meski psoriasis hingga kini belum dapat disembuhkan, namun bisa dikendalikan dengan pengobatan.

"Psoriasis ringan akan diberikan terapi berupa obat oles, sedang dengan terapi sinar UV dan berat dengan obat minum atau suntik," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x