Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 00:30 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Jalani Gaya Hidup Sehat dan Periksa Kesehatan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 29 Oktober 2018 | 18:45 WIB

Berita Terkait

Jalani Gaya Hidup Sehat dan Periksa Kesehatan
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Menjalani gaya hidup sehat adalah satu satu cara untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dan obat - obatan terlarang.

Untuk itu, Polres Metro Jakarta Selatan yang didukung oleh Komunitasi Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Jakarta Pusat, serta PPLIPI (Persatuan Perempuan Lintas Profesi) menggelar kegiatan yang sangat positif untuk mengajak masyarakat menjalankan hidup sehat. Salah satunya dengan cara melakukan zumba dan olahraga bersama.

Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa melakukan cek kesehatan gratis untuk mengetahui tekanan darah, kadar gula dalam darah, asam urat, dan kolesterol.

"Acara pagi hari ini bertujuan untuk mensosialisasikan bentuk aplikasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memudahkan memberikan informasi terkait tindak pidana narkoba. Kita didukung beberapa sponsor yang berkomitmen untuk mendukung Polri memberantas Narkoba. Karena sekarang, dilihat sangat luar biasa. Tindak pidana terbesar sekarang adalah narkoba. Sehingga, perlu kita lakukan terus menurus secara stimultan kegiatan pencegahan maupun penindakan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol. Indra Jafar, di kawasan Car Free Day, Senayan, Jakarta, Minggu, (28/10/2018).

Masih menurutnya, dengan adanya kegiatan positif tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan pada masyarakat, dan ini menjadi salah satu bentuk pencegahan terhadap penggunaan narkoba yang sangat konkrit dan bisa diikuti banyak masyarakat.

"Tetapi kita berharap bisa lebih banyak pencegahan sehingga bisa lebih banyak mencegah masyarakat atau para pemuda - pemuda kita, baik dewasa maupun remaja, untuk tidak ikut - ikut dalam kegiatan dalam penyalahgunaan narkoba ini. Karena, semua kalangan ada. Mulai dari kalangan anak - anak, remaja, dewasa, dan orangtua. Tapi kita menitik beratkan pada penerus - penerus generasi kita. Anak - anak , remaja, dewasa, agar mereka tidak terlibat dalam kegiatan ini. Karena ini pasti merugikan," tambahanya.

Dalam rangka memperingarti Hari Sumpah Pemuda, diharapakan Indonesia memiliki pemuda yang sehat sesuai dengan tema yang diangkat yaitu, Pemuda Sehat Anti Narkoba.

"Jadi, kita mengajak semua masyarakat untuk hidup sehat, tidak perlu narkoba. Ada istilah, katanya kalau tidak kenal narkoba, tidak gaul. Ini sama sekali tidak benar. Karena itu, mari kita hidup sehat dan olahraga dan juga ada cek kesehatan gratis, termasuk juga cek urin bisa juga," paparnya.

Cek kesehatan gratis yang diadakan di Booth HDCI Jakarta Pusat ternyata mendapat perhatian dari banyak masyarakat. Kini, masyarakat tidak perlu lagi diminta untuk memeriksakan kesehatannya oleh orang lain. Namun, banyak masyarakat justru datang sendiri ke booth cek kesehatan gratis.

Tidak hanya itu, masyarakat juga disuguhkan dengan penyuluhan anti narkoba dari PPLIPI (persatuan perempuan Lintas profesi) ini suatu organisasi perempuan dari berbagai profesi.

Linda, salah satu anggota PPLIPI menjelaskan ini adalah salah satu wujud para perempuan untuk lebih aktif menjaga keluarganya agar tidak terkena narkoba. Kemudian, dengan melakukan kegiatan positif seperti ini, para perempuan bisa lebih mengajak masyarakat untuk terus menjalankan gaya hidup sehat untuk di dalam keluarga dan di lingkungan masyarakat.

"Kebersamaan PPLIPI untuk ikut bekerjasama memberantas narkoba sangat kuat sekali. Saya ucapkan terimakasih," papar Kasat Narkoba Polres Jakarta selatan Kompol Vivick Tjangkung.

HDCI Jakarta Pusat juga sangat mendukung program pemerintah yaitu memberantas narkoba yang sudah semakin merajalela di Indonesia. HDCI Jakarta Pusat adalah suatu organisasi yang diketuai oleh M Feriady dan wakil ketua Arbain siregar.

"Rekan - rekan HDCI sangat antusias untuk menjalankan kegiatan - kegiatan program pemberantasan narkoba dan HDCI sudah beberapa ikut serta untuk membantu kita bersama - sama dan bahkan dari anggota HDCI pun siap membantu seperti patroli malam. Ini belum kita lakukan. Pasti, kita akan lakukan bersama - sama. Rekan - rekan HDCI memiliki pemuda - pemuda yang sangat banyak dan mempengaruhi dan memiliki dukungan yang sangat banyak dibidang sosial," tambah Vivick. (tka)

Komentar

Embed Widget
x