Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 10:46 WIB

Pemerintah Terus Upayakan Sanitasi Daerah Bencana

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 18 Oktober 2018 | 18:45 WIB
Pemerintah Terus Upayakan Sanitasi Daerah Bencana
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sanitasi yang baik dan penyediaan air bersih menjadi salah satu hal yang sangat penting dibutuhkan di daerah pasca terjadi bencana alam.

Menurut Kirana Pritasari Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, ketika menangani daerah bencana, tentu yang harus dilakukan pertamakali adalah menilai kembali kondisi setelah bencana.

"Kita akan tinjau ulang agar tidak menjadi lebih buruk lagi kondisinya. Agar kembali seperti semula. Sebagai contoh di Lombok Utara sudah hampir 100 persen bebas buang air besar. Tapi karena banyak rumah yang runtuh hampir dan hampir semua rumah, jadi mereka susah mencari tempat," papar Kirana saaat ditemui usai acara penganugerahan STBM, di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis, (18/10/2018).

Masih menurutnya, pihak pemerintah bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan para relawan terus mengupayakan penyediaan jamban. Hal ini, agar seluruh masyarakat di lingkungan daerah yang terkena bencana bisa mengakses dengan mudah.

"Untuk msyarakat, ini yang menjadi pelayanan dasar adalah masalah sanitasi dan jamban. Untuk NTB banyak relawan yang sudah masuk. Kami juga memberikan dukungan untuk membangun kembali.Untuk Palu juga sama. Karena di daerah yang terkena bencana itu sumber air juga menjadi kendala," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x