Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 23:51 WIB

Retinoblastoma, Gejala Seperti Mata Kucing

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 16 Oktober 2018 | 19:10 WIB

Berita Terkait

Retinoblastoma, Gejala Seperti Mata Kucing
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu kanker yang dialami anak adalah Retinoblastoma. Ini adalah tumor ganas primer pada mata yang terlihat seperti mata kucing.

Menurut Dr Mururul Aisyi, Sp.A (K), retinoblastoma kerap dijumpai pada anak usia di bawah lima tahun. Hal ini timbul dan bisa dikenali dari geala berupa manik mata berwarna putih. Kemudian, mata seperti menyerupai mata kucing.

"Juling, kemerahan, pembesaran bola mata, peradangan jaringan bola mata, dan penglihatan buram," papar Mururul Aisyi, saat ditemui di acara Kemenkes RI, Jakarta, Selasa, (16/10/2018).

Masih menurutnya, jika sudah terlihat ada kejanggalan pada mata anak, segera bawa ke dokter. Sebaliknya, ketika sudah terlanjur membesar dan menutupi mata, kesempatan sembuh sangat minim.

Penemuan dini kasus kanker anak merupakan kunci keberhasilan pengendalian kanker pada anak. Baik orangtua maupun petugas kesehatan diharapkan dapat mendiagnosa kanker pada stadium awal, sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut sesuai tingkat fasilitas kesehatan rujukan.

Apabila anak dicurigai terkena kanker, maka orangtua harus segera membawa anak ke puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lainnya. Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi apakah gejala yang dijumpai tersebut benar kanker atau bukan.(tka)

Komentar

Embed Widget
x