Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 22:30 WIB

Kenal Lebih Dekat Kanker Leukemia pada Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 16 Oktober 2018 | 17:45 WIB

Berita Terkait

Kenal Lebih Dekat Kanker Leukemia pada Anak
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Leukemia merupakan penyakit keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang. Ada beberapa gejala yang bisa Anda kenali. Seperti apa?

Menurut Dr Mururul Aisyi, Sp.A (K), gejala leukemia antara lain pucat, panas, lemah, dan anak menjadi rewel. Gejalan lainnya adalah napsu makan menurun, demam tanpa sebab yang jelas.

"Selain itu, gejala lain yang perlu diperhatikan adalah adanya pembesaran hati, limpa, dan kelenjar getah bening, kejang sampai penurunan kesadaran. pendarahan kulit dan atau pendarahan spontan, nyeri tulang, seringkali ditandai dengan anak tidak mau berdiri dan berjalan. Anak lebih nyaman digendong, pembesaran buah zakar dengan konsistensi keras," papar Mururul, saat ditemui di acara Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa, (16/10/2018).

Perlu diketahui, jumlah kanker anak sekitar 3 persen - 5 persen dari keseluruhan penyakit kanker, namun menjadi penyebab kematian kedua terbesar pada anak di rentang usia 5-14 tahun. Setiap tahun lebih dari 175 ribu anak di dunia didiagnosis kanker, dan diestimasi 90 ribu di antaranya meninggal dunia. Angka kematian akibat kanker anak mencapai 50-60 persen karena umumnya penderita datang terlambat atau sudah dalam stadium lanjut akibat gejala kanker yang sulit terdeteksi.

Penemuan dini kasus kanker anak merupakan kunci keberhasilan pengendalian kanker pada anak. Baik orangtua maupun petugas kesehatan diharapkan dapat mendiagnosa kanker pada stadium awal, sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut sesuai tingkat fasilitas kesehatan rujukan.

Apabila anak dicurigai terkena kanker, maka orangtua harus segera membawa anak ke puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lainnya. Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi apakah gejala yang dijumpai tersebut benar kanker atau bukan.(tka)

Komentar

Embed Widget
x