Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 07:36 WIB

Dua Hal, Pembukaan Asian Para Games Jadi Istimewa

Senin, 8 Oktober 2018 | 18:20 WIB

Berita Terkait

Dua Hal, Pembukaan Asian Para Games Jadi Istimewa
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Luar biasa! Janji INAPGOC menggelar Pembukaan Asian Para Games 2018 yang berkelas berhasil dibuktikan. Sejumlah momen istimewa tercipta. Bahkan menjadi trending topic nomor dua di dunia.

Pembukaan Asian Para Games 2018 dilakukan Sabtu (6/10/2018), di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Ada dua hal yang membuat pembukaan ini menjadi istimewa. Pertama adalah mengenai trending topic. Hastag #OpeningAsianParaGames2018 menjadi nomor dua di dunia. Atau, hanya kalah dari hastag #ViraViraCIRO.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, viralnya pembukaan Asian Para Games 2018 ini membuktikan kepedulian masyarakat. "Bagaimana pun Asian Para Games 2018 adalah hajat besar bang Bangsa Indonesia. Yang artinya, seluruh komponen bangsa wajib mendukungnya," papar Arief Yahya.

Lebih dari itu, Menpar menilai keberhasilan #OpeningAsianParaGames2018 menjadi trending topic dunia, membuktikan kehebatan dunia digital Indonesia. "Ini membuktikan Indonesia mempunyai potensi luar biasa di dunia digital. Karena saat Asian Games lalu, laskar digital Indonesia juga bergerak dengan luar biasa," katanya.

Selain itu, Pembukaan Asian Para Games menghadirkan sebuah kisah yang sangat mengharukan. Tepatnya saat Presiden Joko Widodo turun royal box untuk menghampiri Bulan Karunia Rudianti (10) yang berada di panggung.

Bulan adalah penyandang disabilitas yang tak mempunyai sepasang kaki. Sekitar 16 Maret 2018 lalu, dia menulis surat untuk Presiden Joko Widodo. Isinya, Bulan ingin mendapatkan hadiah kursi roda dari Presiden Jokowi.

Keinginan itu disampaikan karena Bulan kerap melihat presiden membagi-bagikan sepeda. Surat itu diunggah ke akun Instagram @bulankarn dan mendapat perhatian luas dari warganet.

"Ada keharuan ketika melihat Bulan Kurnia dari kursi rodanya memanggil Presiden Jokowi agar turun ke bawah. Bulan Kurnia lalu memberikan kotak kepada Bapak Presiden yang berisi kata; "Ability". Saya menangis tadi. Sungguh menyentuh. Pak Presiden luar biasa humble. He is really the president of the people," tutur Menpar.

Gemuruh tepuk tangan mengiringi langkah Presiden Jokowi saat menuruni podium. Saat sampai di panggung, Jokowi langsung memeluk Bulan dan berbincang beberapa menit.

Bulan kemudian memberikan hasil karya yang dibawanya. Gaung penonton kembali menggema ketika Presiden memeluk bulan. Selanjutnya, tanpa ragu, Jokowi menunjukkan hasil karya tersebut ke hadapan penonton.

"Banyak pelajaran yang bisa kita dapat dari momen tersebut. Momen dimana seseorang tidak pernah berhenti berharap dan berdoa. Momen dimana pemimpin dekat dengan masyarakatnya. Dan ini menjadi warna yang indah di Pembukaan Asian Para Games 2018," papar Menpar. [*/par]

Komentar

Embed Widget
x