Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 07:55 WIB

Pemilihan Putra Putri Batik 2018

Angkat Keindahan Batik Bengkulu

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Minggu, 7 Oktober 2018 | 17:15 WIB

Berita Terkait

Angkat Keindahan Batik Bengkulu
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mungkin tidak banyak yang tahu keindahan batik dari Bengkulu. Ternyata, batik Bengkulu tidak kalah keren dari batik yang ada di Solo, Pekalongan, Yogyakarta, dan Cirebon, yang sudah terkenal namanya.

Menurut Sapta Nirwandar selaku inisiator dan founder Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN), tema eksotika batik Bengkulu diangkat dalam gelaran Pemilihan Putra Putri Batik 2018. Ragam batik memang bisa dilihat di Indonesia. Selama ini, yang dominan hanya batik dari Solo, Pekalongan, Yogyakarta, dan Cirebon. Tapi, masih menurutnya, ada satu batik yang terpendam dan kini semakin banyak dikenal orang, yaitu batik Bengkulu. Karena itu, keindahan batik Bengkulu sangat tepat untuk dijadikan tema dalam pemilihan Putra Putri Batik tahun ini.

"Sekarang banyak desain yang aduhai, dan enggak kalau bersaing dengan batik lainnya," kata Sapta Nirwandar saat ditemui di Kementerian Pariwisata RI, Jakarta, baru - baru ini.

Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) didukung oleh Kementerian Pariwisata Rl & Badan Ekonomi Kreatif Rl kembali menyelenggarakan Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara untuk kedelapan kalinya. Setelah tujuh tahun berturut-turut sukses menyelenggarakan kegiatan serupa dengan skala nasional dan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, tahun ini Eksotika Batik Bengkulu menjadi tema yang diangkat.

Latar belakang kegiatan ini adalah dalam rangka melestarikan batik indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia pada tahun 2009. Maka diharapkan Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2018 menjadi wahana regenerasi yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan pada warisan budaya nusantara di kalangan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, sekaligus untuk meningkatkan industri batik di tanah air sehingga mampu menjadi produk kreatif yang benar-benar memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

Keberhasilan penyelenggaraan pemilihan Putra Putri Batik Nusantara selama tujuh periode ke belakang telah membuka kemungkinan yang lebih luas bagi generasi muda yang menjangkau 34 provinsi di lndonesia untuk dapat turut serta mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia ke dunia internasional.

"Dengan berbekal beragam ilmu pengetahuan serta keterampilan mengenai batik, para Putra Putri Batik Nusantara secara bergantian turut serta melestarikan dan mempromosikan batik di dalam dan luar negeri," kata Ayu Dyah Pasha ketua IPBN dan penggagas PPBN. (tka)

Komentar

Embed Widget
x