Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 07:04 WIB

Keren Banget, Wayang Ajen Show di Korea Selatan

Jumat, 5 Oktober 2018 | 19:00 WIB

Berita Terkait

Keren Banget, Wayang Ajen Show di Korea Selatan
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wayang Ajen bakal menggoyang Korea Selatan. Wayang milenial ini bakal tampil di Invitation Performance of UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity dan Conference. Selain Indonesia, kegiatan ini juga diisi oleh Jepang dan Tiongkok.

Rombongan Wayang Ajen akan berada di Korea Selatan 3-8 Oktober. Wayang kekinian ini akan tampil di National Intangible Heritage Center, Korea Selatan, pada 5-6 Oktober nanti. Ini bukan pengalaman pertama Wayang Ajen tampil di luar negeri. Tercatat 51 negara pernah dikunjunginya dan Korea Selatan kali ketiga disinggahi Wayang Ajen.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, Wayang Ajen menjadi kekayaan tak ternilai nusantara. "Wayang Ajen menjadi warisan yang luar biasa. Ini bukti betapa kaya dan kreatifnya budaya nusantara. Keragamannya sangat tinggi. Dengan kekayaannya, wajar bila Indonesia menjadi destinasi pariwisata terbaik dunia," ungkap Giri Adnyani.

Wayang Ajen adalah hasil kolaborasi wayang golek, mutimedia, dan komposisi musik. Tata panggung sangat artistik lengkap dengan lighting, audio, hingga kostum terbaik.

Giri Adnyani menambahkan, Wayang Ajen selalu menampilkan show terbaik. "Wayang Ajen selalu menampilkan tontotan terbaik dan bermutu. Dalam aksianya, mereka juga kerap menampilkan isu-isu terbaru dalam narasinya. Kejadian sosial di sekitar kita selalu direkam dengan baik lalu dielaborasi dengan cerita pewayangan," lanjutnya lagi.

Konsep yang ditawarkan Wayang Ajeng juga sangat lentur. Dalam setiap shownya, Wayang Ajen kerap melibatkan seni budaya lain. Beberapa di antaranya, show dengan para penyanyi pop seperti Rita Tila. Menguatkan rasa, show Wayang Ajen juga pernah melibatkan pelawak Ade Batak dan Jenong Sasagon. Aksi lainnya, berkolaborasi dengan Tarian Gandrung Sewu dan Mojang Priangan.

"Dengan kemasan dan gaya komunikasi kekinian, Wayang Ajen mudah dicerna. Wayang ini bisa masuk ke semua kalangan dan usia. Dengan kekuatannya, Wayang Ajen akan menjadi sajian terbaik di Korea Selatan nanti," terang Giri Adnyani.

Tampil di Korea Selatan, Wayang Ajen akan berkolaborasi dengan duta Jepang dan Tiongkok. Jepang ini akan mengirimkan Bunraku, lalu Tiongkok datang dengan Fujian. Kehadiran mereka sesuai tema event Pertunjukan Boneka Tradisional Asia. Dan, pertemuan 3 warisan budaya ini akan menyempurnakan Invitation Performance of Intangible Cultural Heritage on Humanity. Event ini mulai digelar sejak 2014.

"Event ini sangat luar biasa. Hanya budaya terbaik di Asia-lah yang mendapat slot tampil. Wayang Ajen sangat menginspirasi. Kehadiran Wayang Ajen di Korea Selatan tentu positif bagi pariwisata Indonesia. Inilah moment branding terbaik. Memamerkan beragam kekayaan bumi nusantara," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Sumarni

Wayang Ajen juga pernah berkolaborasi dengan Wayang Fujian dari Tiongkok. Kolaborasi ini tampil di TMII Jakarya dan Universitas Padjadjaran Bandung pada 2015 silam, kisah yang diangkat Satria Padjajaran. Lalu, Wayang Fujian menampilkan boneka tangan dan tali. "Yang jelas, selalu ada kejutan bila wayang ini bertemu. Kami yakin, publik Korea Selatan akan puas dengan tampilan Wayang Ajen," ujarnya.

Tampil di Korea Selatan, panggung besar sudah disiapkan bagi Wayang Ajen. Sebab, National Intangible Heritage Center adalah lembaga pemelihara dan pelestari warisan budaya tak benda. Mereka fokus dengan warisan budaya yang menjadi member UNESCO Intangible Cultural Heritage.

Wayang Ajen sendiri tampil atas undangan dan fasilitas dari Pemerintah Korea Selatan. Di Negeri Ginseng, Wayang Ajen akan didampingi pakar budaya Gaura Mancacaritadipura. Rencananya, Gaura akan menjadi pembicara bersama Ki Dalang Wawan Ajen saat conference. Topik yang diangkat proses perkembangan dan kreativitas Wayang Ajen yang mendunia.

"Ini event besar. Bukan hanya pertunjukan seni budaya, tapi ada agenda lain yang juga sangat padat. Di sini juga akan digelar International Conference. Wayang Ajen siap menampilkan performa terbaik. Kami berharap publik di sana dan puas dengan show Wayang Ajen," ujar Gaura.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, Wayang Ajen selalu menginspirasi Asia bahkan dunia. "Wayang Ajen ini namanya sudah mendunia. Keunikan yang ditawarkan menjadi kekuatannya. Wayang ini juga sangat terbuka dengan berbagai hal. Pengembangannya juga luas," tutup menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok. [*/par]

Komentar

x