Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 08:33 WIB

Ini Faktor Berpengaruh pada Kesehatan Jiwa Remaja

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 Oktober 2018 | 18:10 WIB

Berita Terkait

Ini Faktor Berpengaruh pada Kesehatan Jiwa Remaja
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - DR. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si, Psikolog Ketua IPK Indonesia, menjelaskan, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan jiwa remaja saat ini.

Dalam perspektif psikologis adanya psikologi yang tangguh ini adalah sebuah perjalanan yang runut tidak bisa terpisahkan ketika seorang anak tumbuh dan berkembang hingga usia dewasa.

"Situasi rumah tangga, pengasuhan menjadi masalah pokok. Seberapa beruntungnya anak - anak memiliki rumah tangga yang baik. Sisi yang lain, seorang remaja dengan perkembangan hormonal dan fisik menjadi sebuah gejolak dan dinamika. Yang bisa mengakibatkan prilaku dan perubahan emosi yang tidak mengarah dengan baik akan menjadikan gangguan jiwa," papar Indria Laksmi Gamayanti, saat ditemui di acara Memperingati Hari Kesehatan Jiwa, Kemenkes RI, Jakarta, Selasa, (02/10/2018).

Selain itu, adanya tanggung jawab dari seorang remaja juga akan menjadi perubahan dalam mentalnya. Kemudia, tuntutan kewajiban, masyarakat pandangan terhadap remaja. Ini juga akan berkontribusi terhadap perubahan remaja.

"Perobahan sosial, gaya hidup, teknologi. Ini juga menjadi perubahan psikologis. Kita juga harus memberikan perhatian khusus pada pendidikan anak. Apakah pendidikan sekarang bisa memberikan beban pada remaja atau mengurangi beban," tambahnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x