Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 07:33 WIB

Hari Batik Nasional

Desainer Poppy Karim Ajak Masyarakat Dekat Batik

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 Oktober 2018 | 16:45 WIB

Berita Terkait

Desainer Poppy Karim Ajak Masyarakat Dekat Batik
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sejak 2 Oktober 2009, Indonesia mendapat pengakuan dari UNESCO atas warisan budaya Batik. Lantas, apakah masyarakat Indonesia sudah lebih paham apa makna dibalik motik batik yang sering dijumpai?

Sejak saat itu, ditetapkan menjadi Hari Batik Nasional. Karena UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lidan dan Nonbedawi. Semakin banyak juga masyarakat menggunakan batik. Ini tidak lagi menjadi busana yang hanya dipakai saat acara resmi. Batik, mengambil peran menjadi salah satu pakaian fesyen yang setidaknya menjadi busana wajib yang ada di lemari pakian semua orang.

Untuk terus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik nusantara, desainer Poppy Karim menggalakkan kampanye #katakandenganbatik melalui media video dengan durasi lima menit. Video tersebut menggambarkan indahnya batik ketika bisa diolah dengan baik. Pada video tersebut, terlihat seorang model ternama, Paula Verhoeven menggunakan karya batik dari Poppy dengan tampilan yang elegan.

"Batik campaign ini aku lakukan untuk mengajak semua lapisan masyarakat bersama-sama mengenal batik lebih dalam. Jadi enggak sekedar memakai batik atau bilang cinta batik saja. Kalau cinta kan artinya ingin mengenal lebih jauh lagi," ujar Poppy Karim, Jakarta, Selasa, (02/10/2018).

Masih menurutnya, setiap batik memiliki cerita yang unik dan dalam serta mengandung banyak sejarah. Ini adalah hal yang sangat kaya yang dimiliki Indonesia. Sayang sekali jika tidak banyak masyarakat yang mengetahui sejarah tentang beragam batik yang dimiliki Indonesia.

"Yuk sama-sama kita mengenal filosofi atau makna dibalik setiap motif batik. Sehingga batik bisa menjadi media untuk kita mengekspresikan diri. Seperti sebagaimananya setiap motif-motif tercipta," tambahnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x