Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 21:04 WIB

Selamat Hari Batik Nasional

Jangan Malas Cari Tahu Batik Apa yang Anda Pakai

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 Oktober 2018 | 15:10 WIB

Berita Terkait

Jangan Malas Cari Tahu Batik Apa yang Anda Pakai
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Hari Batik Nasional menjadi sebuah perayaan di Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbedawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Iwet Ramadhan selaku Pelestari Budaya Batik menjelaskan, saat ini masih banyak anak muda yang tidak mengerti makna dari corak batik yang dikenakan. Hal tersebut menjadi sebuah keprihatinan ditengah maraknya perkembangan digital.

Seolah-olah, anak muda bisa mendapatkan informasi apapun melalui digital, namun ternyata tidak banyak yang tahu apa saja sejarah dibalik batik yang dimiliki Indonesia.

"Ini berkaitan dengan kemunduran jaman dan dikaitkan dengan digital. Terkait dengan digital juga, minat baca sekarang sangat rendah sekali. dari dulu pun orang Indonesia enggak suka baca. ditambah dengan digital ini, makin kacau," kata Iwet Ramadhan saat ditemui usai peluncuran Botol Pigeon Batik seri terbaru, Jakarta, Selasa, (02/10/2018).

Sangat disayangkan, saat ini semakin menjamurnya media sosial dan banyak orang menggunakan media sosial, menjadi salah satu sarana untuk meresap informasi. Ini menjadikan Anak muda saat ini sudah cukup dengan melihat sosial media, mereka merasa mempunyai ilmu.

"Ngomongin anak muda ini, baca caption aja di sosial media males. Dikasih tontonan dengan durasi lima menit, hilang dan blank. Dan itu yang terjadi dengan anak Indonesia. Sehingga balik lagi, mereka enggak ngulik untuk cari tahu dibalik motif batik itu apa," tambahnya.

Karena itu, masih menrutunya, ini adalah PR (Pekerjaan Rumah) bersama semua pihak untuk terus meningkatkan rasa ingin tahu pada anak muda. Khususnya untuk mengulik tentang sejarah batik.

"Agar mereka balik lagi supaya mereka mencari tahu, apa filosofi dari batik - batik yang ada ini. Karena ceritanya banyak banget dan bagus sekali," paparnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x