Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 22:39 WIB

Awarding Gramedia Reading Community Competition 2018

Tumbuhkan Semangat Budaya Baca Kepada Anak-anak

Oleh : Aris Danu | Jumat, 28 September 2018 | 19:39 WIB

Berita Terkait

Tumbuhkan Semangat Budaya Baca Kepada Anak-anak
(Foto: Inilahcom/Aris DC)

INILAH.COM, Jakarta-Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat dunia literasi secara perlahan mulai ditinggalkan. Bisa dipastikan, anak-anak zaman sekarang lebih memilih bermain gawai ketimbang membaca buku. Hal ini menjadi keprihatinan bersama.

Minimnya, minat baca khususnya dikalangan anak-anak, Gramedia kembali menggelar Awarding Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah berupaya menumbuhkan semangat dan budaya literasi di Indonesia.

Ajang ini diikuti 20 taman dan komunitas baca dari Aceh hingga Papua. Ke-20 peserta ini terpilih melalui kurasi yang telah ditetapkan Gramedia.

"Mereka merupakan juara dari 5 wilayah regional yang sebelumnya telah ditentukan oleh Gramedia," kata Yoseph Aditia perwakilan dari Gramedia, di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Salah satu peserta Awarding GRCC adalah Ikhwan Susilo, guru asal Kediri, Jawa Timur. Ia mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bernama Gelaran Jambu di Kediri. Hal ini didasari banyaknya anak-anak di lingkungannya yang pendidikan berhenti hanya pada tingkat MTS atau setara dengan SMP.

"Di kota kami jarang sekali ada apresiasi, dengan begitu kami pun jadinya masih kesulitan dalam berjejaring buku dengan siapapun, jadi akhirnya akses buku ini kami selalu mandiri, ternyata bantuan atau apresiasi itu justru datang dari luar kota kami, baik dari kementerian maupun Gramedia," kata Ahmad.

Setelah 10 tahun berjuang menyebarkan semangat membaca, Ikhwan pun mendapat bantuan dari berbagai pihak. Bahkan, TBM Gelaran Jambu juga menggelar event tahunan yaitu Festival Kampung Literasi dengan memberikan penghargaan pada ibu yang memberikan edukasi bagi keluarganya dengan baik. Atas dedikasinya dalam dunia literasi, TBM Gelaran Jambu akhirnya mendapat apresiasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2018.

Awarding GRCC 2018 di gelar di Grand Rafflesia Ballroom, Balai Kartini, Jakarta, pada Jumat (28/9/2018). [adc]

Komentar

Embed Widget
x