Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 23:53 WIB

Tenang Menikmati Shabu Hachi Karena Sudah Halal

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 4 September 2018 | 18:45 WIB

Berita Terkait

Tenang Menikmati Shabu Hachi Karena Sudah Halal
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Bogor - Restoran All You Can Eat (AYCE) Shabu Hachi berhasil mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI.

Hal ini membuat masyarakat yang gemar menikmati AYCE tersebut tidak lagi ragu dan lebih aman. Meski menggunakan semua bahan halal, sertifikasi halal dari MUI kerap ditanya oleh para pengunjung restoran.

"Karena, sekitar 90 persen pengunjung Shabu Hachi adalah para ibu - ibu muslimah. Mereka sering menanyakan apakah sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI atau tidak," kata Sudjarwo Budiono, Presiden Direktur Shabu Hachi Group, Bogor, baru - baru ini.

Memang tidak mudah mendapatkan sertifikasi halal tersebut. Sudjarwo menceritakan ada 11 poin yang harus dipenuhi agar lolos dalam penilaian. Sertifikasi Halal dari LPPOM-MUI dengan nilai A akhirnya didapat setelah menjalani berbagai proses.

"Alasan kami untuk mengurus sampai mencapai sertifikasi halal ini pada awalnya memang untuk memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan," tambahnya.

Perlu diketahui, Shabu Hachi meski mengambil konsep hidangan ala Jepang, sebenarnya adalah asli perusahaan Indonesia. Kendala menu Jepang yang tak terlalu akrab dengan konsep halal jadi pertimbangan untuk membuat resep.

"Cita rasanya sendiri memang tidak banyak yang berubah, lebih enak untuk orang Indonesia, karena lidah kan tak bisa dibohongi," ujarnya.

Kemudian, Dr.Ir. Lukmanul Hakim selaku Direktur LPPOM MUI yang menyerahkan sertifikat tersebut menjelaskan proses restoran ini sampai mendapat sertifikasi.Namun prosesnya sampai satu tahun seolah tersendat, karena masalah awal sebenarnya ada di pihak restoran.

"Masalahnya adalah karena ternyata sebagai pihak yang mengajukan semestinya sudah menyiapkan semua administrasi dan kriteria lainnya sebelum audit. Sementara biasanya pihak yang mengajukan mengira urusan halal sekadar tidak menggunakan produk alkohol dan daging babi dan turunannya. Begitu administrasi selesai, proses di dua outlet kami hanya membutuhkan waktu 2 bulan saja ternyata," papar Jarwo.

Selain sertifikasi halal, Shabu Hachi juga mendapat pencapaian rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai restoran AYCE shabu shabu dan sukiyaki halal pertama di Indonesia. (tka)

Komentar

Embed Widget
x