Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 17 Desember 2018 | 08:33 WIB

Batik dan Kerajinan Jadi Buruan Tamu Asian Games

Oleh : Aris Danu | Minggu, 2 September 2018 | 23:05 WIB

Berita Terkait

Batik dan Kerajinan Jadi Buruan Tamu Asian Games
(Foto: ilustrasi)

INILAH.COM, Jakarta-Pesta olah raga Asian Games 2018 menyisakan cerita unik. Para kontingen dan official dari negara-negara peserta berburu batik, tenun dan kerajinan di Jakarta.

Dua pusat perbelanjaan, Thamrin City dan Blok M Square menjadi salah satu tujuan favorit belanja oleh-oleh atlet dan official Asian Games 2018.

"Sudah dua kali saya mengantar tamu ke Thamrin City. Pertama datang sekedar melihat-lihat dan melepas lelah, namun untuk kunjungan kedua kalinya mereka berbelanja," kata Syihan Nouval pemandu kontingan asal Bangladesh di Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Menyambut Asian Games, Thamrin City dan Blok M Square sejak jauh-jauh hari telah mempersiapkan para pedagangnya yang sebelumnya juga sudah banyak dikunjungi wisatawan dan pembeli partai besar dari luar negeri.

Dalam dua pekan ini, banyak wajah-wajah atlet Asia sangat antusias membeli produk khas nusantara. Atlet panahan asal Bangladesh misalnya, Muhammad Jabed Alam, tampak sedang membeli beberapa cinderamata dan pakaian olahraga di Trade Mall Thamrin City.

Selama mengikuti Asian Games 2018, ia mengaku sudah dua kali mengunjungi trade mall yang dikelola Agung Podomoro Group ini.

"Di Dhaka juga ada banyak mall. Tapi, disini ada banyak pilihan cinderamata, sehingga kami sudah dua kali datang ke mall ini untuk beli oleh-oleh Asian Games," ujar Jabed Alam.

Senada dengan Jabed Alam, demikian juga rekan satu tim-nya, Abul Kashem Mamun. Ia tampak sumringah menenteng tas berisi belanjaan berupa batik dan t-shirt bertuliskan I Love Jakarta.

Ketika ditanya kesannya tentang kota Jakarta, Abul Kashem bilang, "Its a nice city, I Love Jakarta," ucapnya seraya tertawa.

Selain Bangladesh, sejumlah rombongan lain juga datang berbelanja. Di antaranya atlet Asian Games dari Korea, Pakistan, Taiwan, dan Malaysia.

Kios-kios di zona Pusat Batik Nusantara, Thamrin City, yang paling banyak dituju dan dikunjungi oleh para tamu Asian Games. Selain itu juga kios-kios di zona cinderamata, kios pakaian jadi, dan pusat busana muslim di Lantai 3. Tidak selalu berbelanja, kadang juga banyak tamu Asian Games datang hanya untuk jalan-jalan dan kuliner.

Suasana serupa juga tampak di Blok M Square, Jakarta Selatan. Puluhan orang Jepang yang ID Card Asian Games, tampak mendatangi trade mall ini. Sasaran belanja mereka juga masih di seputar zona batik, cinderamata, dan pakaian jadi. [adc]

Komentar

Embed Widget
x