Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 08:42 WIB

Tindakan Minimal Invasive

Masalah Pembuluh Darah Juga Bisa Diatasi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 30 Agustus 2018 | 14:45 WIB

Berita Terkait

Masalah Pembuluh Darah Juga Bisa Diatasi
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Tidak hanya pada jantung, masalah pada pembuluh darah juga dapat ditangani dengan teknik minimal invasive, misalnya varises.

Varises merupakan kasus kelainan pembuluh darah yang dapat berisiko menimbulkan serangan jantung. Hal ini terjadi apabila gumpalan darah yang terbentuk akibat varises terlepas kemudian mengikuti aliran darah kembali ke jantung.

"Varises ringan dapat ditangani dengan penggunaan perban elastis atau stocking khusus untuk mengurangi risiko varises menjadi lebih parah. Namun, untuk kondisi varises yang sudah parah tindakan minimal invasive seperti Endo Venous Laser Ablation (EVLA) dapat dilakukan," dr. Achmad Faisal, Sp. BTKV, dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskular, Jakarta, Rabu, (29/08/2018).

Masih menurutnya, tindakan ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil untuk memasukan kamera dan laser fiber yang akan bekerja untuk melengketkan varises dari dalam kulit. Dengan EVLA, pasien hanya memerlukan anestesi lokal pada daerah varises yang akan ditangani dan hanya memerlukan satu hari perawatan di rumah sakit.

Untuk kasus penyakit-penyakit dalam rongga dada, seperti tumor paru, benda asing di rongga dada, akumulasi udara atau cairan dalam rongga dada, serta penyakit keringat berlebih (hiperhidrosis), saat ini dapat juga ditatalaksana dengan tindakan Video Assisted Thoracoscopic Surgery (VATS) atau lebih dikenal dengan key hole operation (operasi lubang kunci) dengan sayatan yang sangat minimal.(tka)

Komentar

Embed Widget
x