Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 17:07 WIB

Manfaat Mengajarkan Anak Naik Sepeda

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 16 Agustus 2018 | 21:20 WIB
Manfaat Mengajarkan Anak Naik Sepeda
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Belajar naik sepeda adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan bagi anak - anak. Lantas bagaimana cara mengajarkannya kepada anak?

Sebagai orangtua, ini adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada anak. Seperti yang dikutip dari akun instagram @ibupedia_id, Kamis, (16/08/2018), anak bisa diajarkan naik sepada roda dua pada pada usia 3 - 4 tahun.

Berikut adalah tahapan mengajarkan anak naik sepeda.

1. Mulai dengan balance bike

Kita bisa mulai dengan balance bike (sepeda yang tidak ada pedalnya). Ini membantu anak belajar keseimbangan dan kepercayaan diri. Kalau merasa sayang harus beli balance bike, kita bisa melepaskan pedal di sepeda biasa.

2. Pilih tempat latihan yang tepat

Saat belajar sepeda roda dua, pilih tempat yang tepat buat latihan, misal lapangan yang sepi, atau jalanan yang jarang dilalui kendaraan.

3. Cara memulai dan memberhentikan sepeda

Ajarkan anak berdiri di atas sepeda dengan satu kaki di tanah, dan satu kaki berada di pedal yang sudah terangkat. Minta dia menekan pedal agar sepeda maju dan perlahan angkat kaki yang menapak di tanah. Saat mau berhenti, minta anak mengerem perlahan agar tidak jatuh.

4. Bantu anak seimbang

Pegang bagian belakang sadel sepeda atau tempatkan tangan kita di bahu anak untuk membantu menyeimbangkannya. Minta anak lihat ke depan bukan ke bawah.

5. Safety First

Selama berlatih, jangan lupa siapkan helm, pelindung lutut dan siku, serta sepatu yang nyaman untuk si kecil. (tka)

Komentar

Embed Widget
x