Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 19:17 WIB

Inilah Cara Mendeteksi Kecerdasan Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 9 Agustus 2018 | 19:25 WIB

Berita Terkait

Inilah Cara Mendeteksi Kecerdasan Anak
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Tanggerang - Sebagai orangtua harus bisa mendeteksi kecerdasan anak. Ada beberapa cara dan tips mendeteksi hal tersebut. Ini sangat bermanfaat bagi para orangtua.

Menurut Dra. A. Kasandra Putranto selaku Psikolog Klinis, Pendiri Kasandra & Associate saat ditemui di acara kampanye #AnakCerdasltu, AEON, Tanggerang, Kamis, (09/08/2018), rumusnya sangat mudah yaitu A,B, C, D, E, F, dan G. Penasaran apa saja penjabarannya?

1. A yaitu Achievement

Menurut Kasandra, kalau mau punya anak yang cerdas memiliki sikap dan achievement. Mislnya, bayangkan dua anak jatuh, berdarah sama, satu nangis terus, karakternya baper enggak bisa moveon.

"Satu lagi oh enggak apa - apa. Lari lagi. Achievement-nya adalah mungkin jaura tingkat SD yang didapat. Tetapi itu enggak masalah, karena ini adalah sebuah achievement," ujar Kasandra.

2. B yaitu Big brain

Otak anak harus tumbuh besar. Saat ibu hamil, makan yang baik. Kemudian menyusui, agar proses tumbang kembang menjadi baik.

"Itulah kenapa dokter sering ukur kepala bayi. Big brain mulai dari dalam kandungan sampai tumbuh besar cukup nutrisi untuk otak mereka," paparnya.

3. C yaitu Care and Love

Bagimana orangtua ajarkan pada anak dan isi ke dalam benak dan otak anak.

"Otak sudah besar, kalau enggak diisi percuma. Dia bisa karena biasa. Dia bisa cinta sesama karena merasa orangtua pun juga. Kalau enggak ada perhatian, tapi cacian, ya jadi sepanjang hidup merekam hal itu," tambahnya.


4. D yaitu Dancing

"Dancing itu penting. Kita kan hitungan 1-2-3-4 itu melatih otak. Apakah itu menendang bola, berenang, dll. Karena gerakan pastikan fungsi tubuh seluruhnya berjalan. Ini seperti olahraga," ujarnya.

5. E yaitu Eat

Eat healthy food and drink. Ini sangat penting untuk kesehatan tubuh anak. Apa saja konsumsi yang sehat? Yaitu, konsumsi makanan dan minuman yang tidak berlebihan dalam kadar MSG, gula, garam, dan lemak.

"Apalagi anak sekarang suka minum air manis. Apalagi balita kurang gizi tinggi sekali. Ini sangat penting untuk diperhatikan," tambahnya.

6. F yaitu Fun edutaintment

Anak belajar harus dengan hati yang senang bukan dengan orangtua yang sering memarahi anak. Kalau sifat seperti itu tidak akan baik.

7. G yaitu Good quality of sleep

"Artinya tidur cukup, tidak boleh kurang atau lebih. Kalau orang kurang tidur itu pasti kurang baik, begitu juga ketika kelebihan tidur," katanya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x