Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 14:38 WIB

Kunci Keuangan Rumah Tangga Ada di Tangan Ibu

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 7 Agustus 2018 | 15:55 WIB

Berita Terkait

Kunci Keuangan Rumah Tangga Ada di Tangan Ibu
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ada sebuah istilah, seorang Ibu di dalam rumah tangga memegang peran sebagai Menteri Keuangan. Anggapan ini ternyata benar adanya.

Sondang Martha Samosir kepala departemen literasi dan inklusi keuangan Otoritas Jasa Keuangan, menjelaskan jika seorang Ibu tidak pintar mengelola keuangan, maka hancurlah rumah tangga. Agar para Ibu bisa bijak dalam mengelola keuangan, dibutuhkan banyaknya pengetahuan, keterampilan, dan semangat dalam mengatasi masalah ekonomi yang setiap hari terjadi di dalam rumah tangga.

"Kunci peningkatan kesejahteraan keluarga adalah ada di tangan Ibu," papar Martha saat ditemui di acara peluncuran kampanye #ibuberbagibijak tahun kedua oleh Visa, Jakarta, Selasa, (07/08/2018).

Karena itu, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, seorang Ibu harus memiliki literasi keuangan yang memadai. Martha menambahkan, hingga kini literasi keuangan yang dimiliki perempuan lebih rendah dibandingkan laki - laki.

"Perempuan itu literasinya baru 25 persen. Kalau ibu rumah tangga baru 15,3 persen. Karena itu acara ini sangat bermanfaat untuk terus ditularkan kepada ibu - ibu lainnya," tambahnya.

Spesifikasi ibu rumah tangga memang penting memiliki keahlian mengatur keuangan. Kenapa? Karena, Ibu rumah tangga itu memiliki unsur yang sangat penting bagi pendidikan buah hatinya.

"Karena itu ibu rumah tangga perlu literatur. Bahwa ibu rumah tangga itu menteri keuangan yang harus bijak mengatasi keuangan. Bisa mengatasi berbagai keputusan," ujarnya.

Misalnya, saat Ibu rumah tangga membeli produk keuangan itu tidak memiliki pemahaman. Contohnya, adalah kadang - kadang Ibu rumah tangga sudah menggunakan motor, mobil dan membayar pajak, dll. Di dalam pajak tersebut sudah terdapat asuransi kecelakaannya.

"Banyak Ibu yang tidak paham atas hal itu," ungkapnya. (tka)

Komentar

x