Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 Agustus 2018 | 11:39 WIB

Tes DNA Bisa Mengungkap Masalah Kulit dan Nutrisi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 3 Agustus 2018 | 14:38 WIB

Berita Terkait

Tes DNA Bisa Mengungkap Masalah Kulit dan Nutrisi
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Teknologi semakin berkembang sehingga dunia kecantikan bisa semakin maju dan dengan cepat mengatasi masalah kulit.

Salah satu inovasi terbaru adalah SKIN DNA GENOMIC. Ini adalah pertama di Indonesia. Menurut dr. Gaby Sherly pemilik Youth & Beauty Clinic, SKIN DNA GENOMIC merupakan alat uji DNA yang menggunakan air liur (saliva) pasien untuk mengetahui kondisi kesehatan kulit. Hasil uji DNA tersebut bisa memperlihatkan treatment apa yang tepat untuk jenis kulit tertentu.

"Hasil dari uji air liur tersebut akan di ambil dan dikirim ke luar negeri. Hasilnya bisa menunggu selama dua Minggu. Sebelum mengetahui hasil tersebut, pasien tetap mendapatkan perawatan kulit wajah seperti sunblock, tonner, dan sabun. Uji saliva tersebut hanya untuk cream malam," papar dr. Gaby saat ditemui di peresmian tempat baru Youth & Beauty Clinic di Kemang Square lantai 1, Jakarta, Kamis, (02/08/2018).

Uji tes DNA sangat akurat. Menurut Gaby, keberhasilannya hingga mencapai 98 persen. Setiap orang memiliki hasil yang berbeda. Ada yang memiliki pigmentasi yang lebih banyak, ada juga yang kadar kolagennya sangat normal. Semua bisa terlihat pada tes DNA tersebut.

Masih menurutnya, pemeriksaan genetik menggunakan bahan air liur, dari air liur diperiksa 45 gen dibagi tujuh panel kesehatan. Ketujuh panel kesehatan tersebut meliputi, metabolisme nutrisi, kardio metabolik, pengaturan berat badan, intoleransi makanan, aktivitas fisik, kebiasaan makan dan risiko cedera tendon di kaki.

"Intinya dapatkan kualitas hidup lebih baik, pemeriksaan cukup sekali karena gen kita dari lahir sampai meninggal itu sama, seperti blue print," tambahnya.

Pemeriksaan butuh waktu 4-6 minggu karena sampel dikirim ke Kanada. Hasilnya berupa majalah besar ukuran A4 isinya profil genetik pasien. Ini juga bisa digunakan untuk panduan hidup dalam menentuka suplemen, makanan, olahraga yang cocok untuk tubuh secara personal," ujarnya.(tka)

Komentar

Embed Widget

x