Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 12:13 WIB

Penyakit Hepatitis Jadi Hal Serius di Indonesia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 27 Juli 2018 | 16:35 WIB

Berita Terkait

Penyakit Hepatitis Jadi Hal Serius di Indonesia
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit Hepatitis menjadi salah satu penyakit yang serius di Indonesia. Meski begitu, perhatian pada penyakit hepatitis ini masih kurang.

Menurut dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menukar Langsung Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, secara vertikal terdapat 95 persen penularan Ibu kepada anak untuk virus hepatitis B.

"Satu dari 10 penduduk Indonesia mengidap hepatitis B," papar Wiendra Waworuntu saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Jakarta, Jumat,(27/07/2018).

Perlu diketahui setiap tahun terdapat 5,3 juta Ibu hamil, HBsAg reaktif pada Ibu hamil rata - rata 2,2 persen. Maka artinya, setiap tahun diperkirakan terdapat 120 ribu bayi akan menderita hepatitis B dan 95 persen berpotensi mengalami hepatitis, kronis (sirosis atau kanker hati), 30 tahun ke depan jika diabaikan.

"Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Jika 2 kasus sirosis membutuhkan biaya 1 M dan kasus kanker hati sekitar 5 M," tambahnya.

Untuk mengatasi bayi yang baru lahir terhindari dari hepatitis, sebaiknya diberikan vaksin. Diberikannya vaksin pada anak pada waktu 0-24jam. Vaksin HB0 + HBIG jika ibu HBsAG reaktif.

"Kemudian boster satu pada usia 2 bulan, kemudian boster kedua pada usia 3 bulan dan boster ke tiga pada 4 bulan," ujarnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x