Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 14:15 WIB

Perhatikan, Ini Gejala Kanker Usus

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 26 Juli 2018 | 17:35 WIB

Berita Terkait

Perhatikan, Ini Gejala Kanker Usus
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gejala kanker usus besar biasanya dimulai dari gangguan pola Buang Air Besar (BAB). Seperti apa?

Menurut dr. Wifanto Sadityo Jeo, Sp.B - KBD selaku dokter spesialis bedah digestif Siloam Hospital Kebon Jeruk, gejala lain adalah diaere kronis atau sulit BAB. Selain itu terdapat juga gejala seperti BAB darah, sakit perut, kembung, penurunan berat badan, bahkan hingga benjolan dalam perut.

"Pada tahap awal, tidak terlalu tampak terlihat gejala," papar Wifanto, di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis, (26/07/2018).

Hal tersebut, masih menurutnya, membuat para penderita kanker usus besar datang ke rumah sakit ketika penyakit sudah kronis dan upaya pengobatan pun menjadi sulit. Padahal, kunci utama keberhasilan penanganan kanker usus besar adalah ditemukannya kanker dalam stadium awal.

"Ini agar terapi dan tindakan dapat dilaksanakan secara kuratif," tambahnya.

Deteksi dini kanker kanker usus besar bisa dilakukan dengan beberapa pemeriksaan, dengan CT Scan pada bagian perut untuk membantu menilai bagian luar usus dan organ lain dalam perut yang berkaitan dengan benjolan.

Selain itu, Anda juga busa melakukan pemeriksaan tinja dan kolonoskopi yaitu tindakan memasukkan kamera ke dalam usus untuk mengevaluasi lapisan paling dalam pada usus besar. Selanjutnya, bisa dilakukan tindakan biopsi bila diperlukan.(tka)

Komentar

Embed Widget
x