Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 03:40 WIB

Sejak 2011, Tenun Ikat Semakin Terkenal

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 9 Juli 2018 | 17:35 WIB

Berita Terkait

Sejak 2011, Tenun Ikat Semakin Terkenal
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM,Jakarta - Tenun ikat memang berbeda dengan kain batik. Namun, tenun ikat sudah memikat hati sejak 2011.

Didiet Maulana, fashion desainer Indonesia yang kerap menggarap tenun ikat, menjelaskan, Tenun ikat adalah sebuah teknik yang berbeda dengan batik. Tenun ikat proses pewarnaannya dengan diikat.

"Deman tenun ini dari tahun 2011 hingga sekarang tidak hanya merambah pada pasar lifestyle tetapi untuk perusahaan," papar Didiet Maulana Fashion Desainer Indonesia yang berkesempatan menggarap seragam BCA dari tenun ikat Indonesia di acara Tenun Ikat, Indonesia Legacy into the Spotlight, Jakarta, Senin, (09/07/2018).

Tenun ikat sebagai salah satu kekayaan kreatif Indonesia kini mulai dikembangkan secara massal dan tersebar di beragam daerah seperti Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, Timor, dan lainnya.

Masih menurutnya, tenun ikat kini menjadi salah satu ciri khas Indonesia yang bisa mendunia. Dengan keindahan tenun ikat, Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang bisa disejajarkan dengan negara lain di dunia fesyen.

"Ada istilah tak kenal maka tak sayang. tahun 2011 keluar pertama kali tenun ikat. Saya ingin memperkenalkan kekayaan tekstil ini kepada generasi muda. Dengan kita mengenal dan melihat apa yang Indonesia punya kita akan sejajar dengan negara lain," tambahnya. (tka)

Komentar

Embed Widget
x