Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 03:27 WIB

Lima Tempat Kuliner Wajib Didatangi di Jogja

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 5 Juli 2018 | 15:55 WIB

Berita Terkait

Lima Tempat Kuliner Wajib Didatangi di Jogja
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anda berencana untuk traveling ke Jogja? Nah, pastinya tempat kuliner menjadi salah satu incaran destinasi yang akan Anda datangi. Lantas, apa saja tempat kuliner yang wajib Anda kunjungi?

Mendengar kata Kuliner Jogja mungkin yang terbayang di benak Anda adalah makanan manis yang menggoyang lidah semacam gudeg, yangko, bakpia, dan sajian manis lainnya yang sudah merajai Jogja. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kepopuleran tiga kuliner khas Jogja tersebut memang sudah tersohor.

Ini saatnya Anda melakukan eksplorasi kekayaan kuliner Jogja selain makanan tersebut. Beragam makanan khas Jogja yang pasti bisa membuat Anda ketagihan dan ingin kembali mengunjungi kota Istimewa tersebut.

Tidak sulit untuk menemukan tempat kuliner menarik di Jogja dengan bantuan aplikasi direktori restoran seperti Traveloka Eats. Inilah 5 spot berkuliner di Jogja yang wajib Anda sambangi, Kamis, (05/07/2018).

1. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg mercon yang terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta ini memang rasanya berbeda daripada gudeg lain di Jogja. Jika gudeg lain berasa manis, maka gudeg Bu Tinah rasanya pedas membakar lidah.

Gudeg yang anti-mainstream ini jam jualannya juga unik. Jika warung gudeg yang lainnya buka pada pagi hingga malam hari, maka Bu Tinah ini baru menggelar lapak gudeg Merconnya pada pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari. Lauk yang disajikan di lapak sederhana bu Tinah beragam, mulai dari telur, gorengan, ceker goreng tepung, ayam kampung, sate ayam. Untuk mencoba sajian ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 hingga Rp 25.000.

2. Sate Kere Pak Mardi

"Kere" dalam Bahasa Jawa berarti miskin. Tapi sate ini bukan ditujukan untuk orang miskin saja ya, melainkan diberi nama kere karena harganya yang memang bersahabat bagi kantung semua orang. Berbeda dengan sate kebanyakan yang berkuah kacang, Sate Kere terbuat dari daging sapi yang kemudian dipadukan dengan lontong dan potongan kuah sayur tempe. Harga yang dipatok pun sangat bersahabat, sekitar Rp 7.000 per porsi.


3. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah ini ada di Jalan Kaliurang km 9. Porsi jumbo tengkleng inilah yang kemudian membuatnya mendapat julukan Tengkleng Gajah. Daging dan tulang kambing dipadu dengan racikan bumbu yang masuk hingga ke tulang mampu membuat nafsu makan Anda melonjak. Harganya pun cukup bersahabat, sekitar Rp 20.000,00-Rp 30.000 tiap porsinya.

4. Soto Sapi Bu Cip

Ada satu warung soto andalan yang wajib Anda kunjungi jika bertandang ke Jogja, letaknya di daerah Tamansari, tepatnya di sebelah barat Jembatan Taman Sari. Warung Soto Daging Sapi Bu Cip ini sudah cukup terkenal, dan Anda tidak sulit untuk menemukannya walaupun hanya dengan bertanya kepada orang saat perjalanan. Di Warung Bu Cip Anda bisa menemukan soto daging sapi berkuah bening yang segar dan nyaman di perut. Untuk menikmati soto Bu Cip Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 9 ribu rupiah untuk soto pisah dan 8 ribu rupiah untuk soto campur.

5. Soto Kadipiro

Jalan-jalan ke kota Yogyakarta tidak lengkap rasanya bila belum merasakan soto terkenal di Jogja yaitu Soto Kadipiro. makanan khas Jogja sejak tahun 1912 ini telah memiliki 4 cabang yang tersebar di sepanjang Jalan Wates. Di warung tersebut terdapat ornamen khas Jawa yang menghiasi beberapa tempat dalam warung tersebut, suasana warung seperti layaknya bangunan peninggalan zaman dahulu. Soto yang disajikan pun tidak berubah dari pertama kali kedai ini berdiri, jadi dapat dikatakan ini adalah soto yang sangat otentik dan perlu Anda coba.

Komentar

Embed Widget
x