Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 11:34 WIB

Beragam Cara Agar Ibu Makin Dekat dengan Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 21 Juni 2018 | 22:15 WIB

Berita Terkait

Beragam Cara Agar Ibu Makin Dekat dengan Anak
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Memiliki buah hati adalah salah satu sumber kebahagiaan dalam hidup. Nah, lantas, bagaimana cara untuk mendekatkan diri dengan anak?

Mengutip dari akun instagram @ibupedia_id, Kamis, (21/06/2018), ada beberapa cara agar sang Ibu semakin dekat dengan anak. Mulai dari menyusui, hingga memijat bayi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat seorang Ibu semakin dekat dengan buah hatinya.

1. Menyusui

Ini adalah hal yang sangat terindah bagi seorang Ibu, yaitu menyusui anaknya. Selain memberikan nutrisi terbaik untuk anak, menyusui membuat seorang Ibu mendekap si kecil, skin to skin akan terjadi.

Anak akan mendengar detak jantung Ibu dan familiar dengan aroma tubuh Ibunya.

2. Pengasuhan responsif

Responlah kebutuhan si kecil dengan tanggap. Tangisan si kecil di bulan - bulan pertamanya bukan karena manja atau cari perhatian, tetapi karena membutuhkan sesuatu.

3. Eye Contact saat minum dari botol

Buat yang tidak direct breastfeeding, pastikan Ibu selalu lakukan kontak mata saat menyusui si kecil dari botol. Ini membuat Anda selalu mengingat Anda.

4. Lepaskan HP dari tangan

Message di messenger atau sosial media bisa menunggu untuk dibalas. Manfaatkan waktu yang Anda miliki untuk bersama si kecil.

5. Pahami clue bayi

Ada beberapa clue yang sifatnya universal. Misal, saat bayi menghisap jempol, itu artinya dia ingin menyusui.

Bayi yang menekukkan punggung aritnya dia bosan. Saat menggaruk - garuk mata, artinya dia mengantuk. Responlah setiap clue tersebut dengan baik.

6. Memijat bayi

Pijatan membuat otot si kecil lebih relax dan menurunkan stres. Pijat sebelum tidur juga membantu si kecil lebih nyenyak dan kontak kulit yang terjadi membuat Ibu lebih dekat dengan anak.(tka)

Komentar

x