Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 Agustus 2018 | 05:21 WIB

Setelah Berpuasa, Ini Manfaat yang Bisa Diraih

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 15 Juni 2018 | 02:10 WIB

Berita Terkait

Setelah Berpuasa, Ini Manfaat yang Bisa Diraih
(Foto: boldsky)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah menjalankan puasa, Anda dapat meraih manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengutip dari boldsky, Jumat, (15/06/2018), beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berpuasa adalah, mulai dari menurunkan berat badan, menjaga tekanan darah, kadar gula dalam darah, dan masih banyak lagi. Ini sangat baik, jika Anda tetap konsisten menjaga asupan makanan yang sehat setelah berpuasa.

Berikut adalah beberapa rincian dari manfaat menjalankan puasa.

1. Untuk Menurunkan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sangat diuntungkan. Meskipun yang terpenting, Ramadhan tidak selalu menyebabkan penurunan berat badan. Orang-orang mengikuti diet pagi yang sehat dan diet malam yang terdiri dari sup, roti segar, kurma, dan buah-buahan yang membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Gula dan makanan berlemak dihindari dan buah-buahan segar, sayuran segar, dan asupan air meningkat. Ini menyebabkan penurunan berat badan.

2. Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat dari puasa selama Ramadhan adalah membantu mengontrol gula darah Anda. Puasa memecah glukosa Anda sehingga tubuh bisa mendapatkan energi, yang mengurangi produksi insulin. Glukagon diproduksi untuk mempromosikan pemecahan glukosa dan hasil puasa adalah penurunan gula darah.

3. Ini Juga Dapat Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Puasa dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, yang menyumbat arteri oleh partikel lemak. Sementara tubuh kekurangan makanan dan air, lemak yang tersimpan di dalam tubuh digunakan sebagai energi. Tingkat metabolisme juga berkurang saat berpuasa. Sekresi hormon adrenalin dan nonadrenalin juga berkurang; ini membantu menjaga laju metabolisme tetap stabil, dengan demikian mengendalikan tekanan darah tinggi.

4. Mempertahankan Kekuatan Otot

Lemak yang tersimpan di otot Anda akan digunakan. Setiap kali Anda mengonsumsi karbohidrat, glikogen (sel-sel lemak) ditambahkan, yang mengarah ke penambahan berat badan. Namun, selama berpuasa di bulan Ramadhan, sel-sel lemak akan digunakan sebagai sumber energi dan akan membuat otot-otot Anda kencang dan kuat tanpa sel-sel lemak berlebih.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selama berpuasa di bulan Ramadhan, orang-orang biasanya makan makanan sehat di antara puasa. Ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, racun dihilangkan, dan lemak yang tersimpan berkurang. Ketika kurma dan buah dimakan untuk berbuka, mereka meningkatkan cadangan vitamin dan mineral penting tubuh. Vitamin A dan vitamin E hadir dalam semua buah yang akan membantu meningkatkan kekebalan Anda.

Komentar

Embed Widget

x