Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 00:22 WIB

Sebagian Besar Kecelakaan Mudik Menggunakan Motor

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 11 Juni 2018 | 17:22 WIB

Berita Terkait

Sebagian Besar Kecelakaan Mudik Menggunakan Motor
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kecelakaan terbesar saat mudik lebaran ke kampung halaman didominasi oleh pengguna motor.

Menurut Ahmad Yurianto, Kepala Pusat Krisis Kesehatan, saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru - baru ini, menjelaskan, kecelakaan terjadi justru di luar jalan tol. Waktunya adalah pukul 09.00 hingga 12.00 siang.

"Tipikal kecelakaan tunggal karena pengemudi motor jalan sejak jam 05.00 subuh. Setelah jam 05.00 -06.00 sore lelah," papar Ahmad Yurianto.

Masih menurutnya, tempat yang paling banyak terjadi kecelakaan di Banyuwangi dan Situbondo sampai Probolinggo. Hal ini dipenuhi oleh tipikal pemudik dari Bali. Lalu mengarah ke Tuban. Hal ini terjadi karena jalan yang dilalui lebar namun bergelombang.

"Keadaan jalan tersebut sangat rawan bagi pengendara motor sering terjaji kecelaan tunggal. Kemudian di daerah Purworejo sampai Magelang jalurnya padat dan sempit," tambahnya.

Kecelakaan justru terjadi bukan di daerah yang rawat kemacetan. Ini terjadi karena jalanan yang lancar dan banyak pengendara motor.

"Perspektif kita bukan hanya kemacetan karena kecelakaan banyak yang di lokasi tidak macet. Dalam lima tahun terakhir paling banyak kecelakaan di jam 9.00-12.00 siang karena mereka start dari rumah habis Subuh. Jadi biasanya mereka mengantuk. Kurang tidur di malam hari. Jam-jam capek. Harusnya lebih dari empat jam tidur," ungkapnya.(tka)

Komentar

Embed Widget
x