Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 21:27 WIB

Tips Jitu Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 8 Juni 2018 | 13:15 WIB

Berita Terkait

Tips Jitu Mendidik Anak Agar Tumbuh Bahagia
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa tips rahasia mendidik anak agar tumbuh bahagia. Penasaran seperti apa?

Mengutip dari akun instagram @ibupedia_id Jumat, (08/06/2018), menurut Edward Hallowell, seorang psikiater dan penulis buku The Childhood Roots of Adult Happiness, menjelaskan, anak - anak yang orangtunyanya selalu memanjakan dengan mainan atau melindunginya agar si anak tidak sedih, kecewa, atau marah, bukanlah langkah yang tepat dan mendidik.

Anak hanya akan tumbuh tidak normal saat remaja dan cenderung punya tabiat jelek, seperti cuek, merendahkan orang lain, dan tidak ceria. Karena itu, ada beberapa rahasia untuk mendidik anak agar tumbuh bahagia. Berikut adalah poin pentingnya.

1. Have fun dengan anak

Luangkan waktu untuk bermain dengannya. Bermain enggak hanya bikin anak senang, tapi juga men.gasah kreativitas, skill lainnya, dan mempererat bonding.

2. Bantu anak mengasah skillnya

Saat anak menguasai skill tertentu, entah itu belajar pakai sepatu sendiri, main musik, atau bangun rumah - rumahan dari LEGO, dia akan termotivasi untuk siap menghadapi tantangan-tantangan baru.

3. Ajarkan anak melampiaskan emosi

Anak kecil belum paham perasaan marah atau sedih datang dari mana. Biasanya anak melampiaskannya dengan memukul atau tindakan agresif lainnya. Bantu anak mengenali perasaan itu. Ibu bisa bilang "Ibu tahu adik sedih karena enggak dibeliin mainan".

Beri tahu nama emosi yang dia rasakan. Nantinya, dia akan belajar menggunakan kata - kata daripada melakukan tindakan agresif.

4. Beri Bantuan Seperlunya

Jangan berusaha bikin anak senang dengan selalu membantunya. Biarkan si kecil berusaha terlebih dahulu sendiri. Saat minta bantuan, arahkan anak ke cara menyelesaikannya, bukan langsung turun tangan.

5. Ajarkan anak senang membantu

Seiring anak bertambah besar, ajarkan dia membantu orang lain. Hal - hal simple seperti meletakkan pakaian kotor di tempatnya, bisa membuat si kecil merasa berharga dan punya peran penting dalam keluarga. (tka)

Komentar

Embed Widget
x