Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 03:22 WIB
 

Kiat Jitu Atasi Anak Menolak Berpuasa

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 7 Juni 2018 | 12:20 WIB
Kiat Jitu Atasi Anak Menolak Berpuasa
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Mungkin Anda termasuk orangtua yang sedang pusing ketika menghadapi anak yang suka menolak ketika diajak berpuasa. Nah, ada beberapa kiat jitu untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebagai orangtua, memang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk mengajarkan anak menjalankan ibadah puasa. Ini tidak bisa langsung dilakukan dengan instan. Perlu diajarkan kepada anak secara bertahap.

Mengutip dari akun instagram @keluargakitaid, Kamis, (07/06/2018), berikut kiat jitu ketika menghadapi anak yang menolak berpuasa.

1. Jika anak menolak puasa dan dalam usia sebelum baligh, hindari memaksakan puasa kepada anak. Gunakan cara yang lebih persuasif.

2. Mencari tahu alasan mengapa anak menolak berpuasa dan membuat strategi untuk mengatasi alasan tersebut. Mulailah dengan yang mampu anak lakukan.

3. Menjelaskan kembali hikmah dan tujuan berpuasa. Kesan positif yang muncul dari pengalaman beribadah insya Allah akan memotivasi anak untuk menconba kembali menjalankannya.

4. Mengingatkan anak akan berlimpahnya nikmat yang telah Allah berikan dan mengarahkan bahwa berpuasa merupakan salah satu cara kita bersyukur kepada Allah.(tka)

Komentar

Embed Widget

x