Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 22:29 WIB

Tips Makan Aman Setelah Berpuasa

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 28 Mei 2018 | 21:45 WIB

Berita Terkait

Tips Makan Aman Setelah Berpuasa
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Usai menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan, bukan berarti Anda bebaskan diri untuk konsumsi segala macam makanan. Lantas bagaimana makan yang aman untuk kesehatan Anda?

Menurut Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, saat ditemui di acara Promag Fastingval, Jakarta, baru - baru ini, ada beberapa tips yang baik untuk Anda agar tidak lepas kontrol ketika bertemu banyak makanan saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Penasaran seperti apa? Berikut adalah tips-nya.

1. Tipsnya adalah jangan makan berlebihan

"Biasakan makan normal seperti biasa saat sebelum menjalankan puasa maksimal 3 kali dalam sehari," kata Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, saat ditemui di acara promag fastingval di Jakarta, baru - baru ini.

2. Jangan anggap belum makan nasi, menjadi belum makan berat

"Ini anggapan yang salah. Sering sekali orang bilang kalau belum makan nasi ya belum makan. Padahal, misalnya, mereka sudah makan mie. Ini sudah konsumsi karbohidrat. Jangan makan mie terus ditambah nasi lagi. Jadinya double," tambah Ari.

3. Kendalikan diri dari makanan berat

"Saat lebaran banyak makanan. Ada opor ayam, rendang, dan lainnya. Makan secukupnya jangan makan rendang tiga potong terus ditambah menu lain. Nah, kalau begitu tubuh menjadi semakkn berat untuk memproses makanan. Ini kerja berat untuk sistem pencernaan," papar Ari.(tka)

Komentar

Embed Widget
x