Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 16:18 WIB

Penting, Pendidikan Ketrampilan untuk Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 2 Mei 2018 | 11:45 WIB

Berita Terkait

Penting, Pendidikan Ketrampilan untuk Anak
(Foto: inilahcom/Mia Umi Kartika)

INILAHCOM, Jakarta - Pendidikan adalah modal utama bagi anak untuk meraih masa depan. Tidak hanya pendidikan formal tetapi juga keterampilan.

Mendapatkan keterampilan di luar sekolah formal bisa diraih di berbagai tempat. Salah satunya di Rumah Amalia. Pemilik Rumah Amalia, Muhammad Agus Syafi'i menyadari bahwa keterampilan untuk setiap orang sangat penting. Karena hal ini bisa menjadi modal untuk meraih masa depan. Soft skill (keterampilan), lanjutnya, bisa dipelajari sejak dini.

"Anak - anak bukan hanya belajar untuk menghafal. Anak - anak juga harus mudah mengerti. Kalau mereka punya kesadaran mereka harus berani menyuarakan ide, kreatifitas dan pikiran, termasuk karya - karya. Karena itu, perlu sekali mengasah kreativitas sejak dini," kata Agus saat ditemui usia mengisi acara di TVRI, Jakarta, Selasa, (01/05/2018).

Senada dengan pendapat Agus, ketua MPR DR. H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M, menjelaskan dalam rangka memperingati Hari pendidikan pada 2 Mei ini, kegiatan yang dilakukan di Rumah Amalia, sangat positif. Mulai dari memberikan keterampilan untuk anak - anak yatim, dhuafa, dan anak yang yang ditinggal orangtuanya, sangat bermanfaat.

Kegiatan seperti merangkai bunga dari plastik, sedotan, dan beragam kreativitas lainnya bisa menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas, tekanan dalam diri, stres, dan menyegarkan otak. Hal ini sangat baik untuk kesehatan anak dan juga psikologisnya.

"Jika Rumah Amalia melatih banyak ibu - ibu dan anak dalam membuat kreativitas, maka dari situ lahirlah orang - orang terampil. Ini yang dibutuhkan oleh Indonesia. Orang - orang terampil," ujar Zulkifli Hasan.

Tidak hanya itu, masih menurutnya, untuk membuat bangsa maju ada dua kunci sukses. Hal ini juga berkaitan dengan pentingnya pendidikan.

"Kunci pertama bangsa maju adalah ilmu hal ini terkait erat dengan pendidikan.kemudian yang kedua adalah memiliki karakter, terkait dengan wawasan kebangsaan dan nilai - nilai leluhur. Ini sangat penting untuk keutuhan bangsa Indonesia," tambah Zulkifli.(tka)

Komentar

Embed Widget
x