Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juni 2018 | 01:46 WIB
 

Inovasi Pengrajin Lokal Raih Penghargaan INACRAFT

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 27 April 2018 | 20:29 WIB
Inovasi Pengrajin Lokal Raih Penghargaan INACRAFT
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Para pekerja seni dan perajin lokal mendapatkan apresiasi dari hasil karyanya yang mengangkat keindahan tradisional.

INACRAFT AWARDS 2018 digelar dengan bertujuan untuk mendorong para pekerja seni dan pengrajin lokal berkarya menghasilkan kerajinan terbaik menggunakan keahlian tradisional, pola dan tema, dengan cara yang inovatif dalam rangka melestarikan kelangsungan dan sustainibilitas dari tradisi dan keahlian tersebut.

Kegiatan ini merupakan adaptasi dan program dari kriteria UNESCO. Penilaian untuk penghargaan tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu.

"Perbedaan tahun lalu, tahun ini yang diberikan penghargaan sudah lebih meningkat lagi dari tahun lalu. Kualitas pengrajin kita lebih baik dari tahun lalu. Generasi yang tampil pun banyak generasi muda. Perbedaan yang sangat mendasar adalah semangat mereka lebih tinggi dari yang lalu," papar Muchsin Ridjan, Wakil Ketua Umum I ASEPHI saat ditemui di INACRAF, JCC, Jakarta, Jumat, (27/04/2018).

Masih menurutnya, salah satu pemenangnya adalah Sutra Ginjing Bunga Ilalang. Hal ini dari kriteria best of the best.

"Alasannya adalah, ini ada efek ekonomi yang dilihat untuk masa depan," tambahnya.

Produk dari Jambi ini pembuatanya dimulai dari raw material ilalang yang dibuat benang dan menjadi kain yang siap pakai. Dari awal pembuatan raw material, Vinto memberdayakan masyarakat sekitar sehingga dampak peningkatan sosial ekonomi masyarakat lokal sangat nyata.

Yanna Diah Kusumawati, Wakil Ketua Umum II BPP ASEPHI, kriteria dalam penilaian mengacu pada dasar dari UNESCO. Adanya sebuah inovasi. Kemudian, kemasan yang menarik. Produk yang dihasilkan harus memiliki efek memberdayakan masyarakat.

"Yang terpenting adalah produknya eco friendly, yang ramah lingkungan," ujar Yanna. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x