Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Mei 2018 | 06:14 WIB
 

Melindungi Batik dengan Hologram

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 27 April 2018 | 14:30 WIB
Melindungi Batik dengan Hologram
(Foto: inilahcom/MU Kartikawati)

INILAHCOM,Jakarta -Batik adalah warisan budaya tak benda yang diakui oleh UNESCO. Karena itu, hologram batik asli menandai perlindungan batik tulis, cap, atau kombinasi tulis cap khususnya kepada konsumen.

Hal tersebut untuk menjadikan para konsumen batik lebih cerdas. Ini adalah inisiasi dari BPC ASEPHI Pekalongan. Hologram Batik Asli bergaransi ASEPHI adalah sebuah upaya menggaransi keaslian batik yang dibeli konsumen sebagai bentuk kepedulian ASEPHI dalam rangka memberikan edukasi kepada khalayak.

Menurut Ketua umum Badan pengurus cabang ASEPHI Pekalongan, Rommy Oktabirawa, yang dimaksud dengan Batik adalah proses bukai dinilai dari motif akibat kurang paham dari menilai mana batik asli.

"Hologram batik asli adalah jawaban teknologi atas upaya perlindungan budaya tak benda. Hologram batik asli adalah untuk menyegarkan bahwa batik adalah teknik perintang warna pada kain dengan perantara canting dan lilin. Sehingga batik bukan semata - mata soal motif melainkan proses," papar Rommy Oktabirawa saat ditemui di INA Craft, JCC, Jakarta, Kamis, (27/04/2018).

Masih menurutnya, Hologram batik asli adalah untuk mengembalikan semangat berniaga batik dengan jujur. Dengan penanaman fitur keamanan dalam wujud stiket QR Code System yang diterbitkan oleh PT Pura Barutama, Kudus.

"Hologram batik asli ini bertujuan untuk menggaransi keaslian batik, sesuai dengan penghargaan UNESCO terhadap batik Indonesia," tambahnya.

Hologram batik asli ini nantinya akan ditempelkan ke setiap produk batik sebagai garansi bahwa batik tersebut betul - betul batik asli, yaitu, batik tulis, batik cap, ataupun kombinasi batik tulis dan cap.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x