Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 22:53 WIB
 

Anak Muda Jangan Malu Berinovasi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 13 April 2018 | 19:30 WIB
Anak Muda Jangan Malu Berinovasi
(Foto: inilahcom/MU Kartikawati)

INILAHCOM, Depok - Saat ini tidak kreativitas sangat penting dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Karena itu, anak muda sejak dini harus mengasah keterampilannya.

Tidak hanya nilai yang dapat membuat seseorang meraih sukses, tetapi kemampuan untuk mengaktualisasikan diri dan keterampilan yang dimiliki, menjadi bagian yang sangat penting dalam bersaing di dunia pekerjaan.

Menurut Budi Susanto, Marketing Director PT. Kino Indonesia, Tbk, kreativitas yang dimiliki seseorang didapat dari proses belajar.

"Cari nilai yang benar dan cari kreativitas adalah dua hal yang penting. Bagaimana caranya? Kreativitas muncul saat proses belajar. Jadi, mulailah berani untuk mencari sesuatu. Membuat sebuah inovasi," papar Budi Susanto, Marketing Director PT. Kino Indonesia, Tbk saat ditemui di acara Tomorrow's innovator Kino Youth Inovator Awards 2018 di Universitas Indonesia, Depok, Jumat, (13/04/2018).

Salah satu wadah untuk mengasah kreativitas yang dimiliki adalah ajang Kino Youth Innovator Award. Semangat inovasi ini berhasil membuat Kino menjadi perusahaan lokal yang dikenal di Indonesia, bahkan berhasil merambah ke dunia internasional.

"Untuk menularkan semangat inovasi ini, diadakanlah Kino Youth Innovator Award yang telah memasuki tahun ketiga," ujar Budi Santoso.

Kino sadar betul dengan diberlakukannya MEA atau masyarakat ekonomi ASEAN, kompetisi dunia industri, ekonomi maupun tenaga kerja tentu saja akan semakin ketat. Pada era ini, akan terjadi aliran bebas barang, jasa dan tenaga kerja terlatih serta aliran investasi.

"Diberlakukannya MEA ini justru menjadi tantangan dan peluang bagi bangsa Indonesia untuk memenangkan persaingan. Dan inovasilah kuncinya," tambah Budi.

Kino Youth Innovator Award (KYIA) pertama kali diadakan tahun 2016. Sebagai ajang kompetisi inovasi tahunan, KYIA menyasar ide- ide terbaru dari mahasiswa seluruh Indonesia. Bila di tahun 2016 mengangkat tema Build Up A Glocal Innovation, dan Advancing Indonesia Through Local Heritage di tahun 2017, tahun 2018 ini bertema Empower Life Through Nature.

Melalui kompetisi ini, Kino kembali mengajak kaum muda untuk mengedepankan sumber daya Indonesia untuk memenangkan kompetisi pasar.

"Glocal atau dari lokal menuju global, memang menjadi titik berat kompetisi ini, karena kami yakin bahwa Indonesia kaya akan sumber daya lokal, dan untuk menjadi pemenang, kita harus berani mengangkat apa yang ada di dalam, untuk dibawa keluar," ungkapnya.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x