Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 13:35 WIB
 

Beri Apresiasi Anak Tidak Selalu dengan Hadiah

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 12 April 2018 | 17:05 WIB
Beri Apresiasi Anak Tidak Selalu dengan Hadiah
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketika anak berhasil melakukan sesuatu sesuai dengan harapan, biasanya orangtua kerap memberikan apresiasi. Lantas, bentuk apresiasi apa yang lebih baik diberikan untuk buah hati?

Menurut ahli psikolog, Anna Surti, memberikan apresiasi ketika anak berprestasi tidak selalu dalam bentuk piala, dan barang berharga. Hal ini akan membuat Anda lebih boros dalam segi keuangan.

"Misalnya anak mencoba makan sendiri. Kemudian mencoba menghabiskan makan sendiri. Kemudian taruh piring sendiri. Ini penting diberikan hadiah. Tidak harus diberi hadiah. Kita bisa memperlihatkan apresiasi kita dengan apa yang kita lakukan dan kita ucapkan. Seperti, terimakasih ya nak. Yang kamu lakukan bagus. Mama senang sekali," ujar Anna Surti saat ditemui di acara lotte choco pie kampanyekan #PremiumMomentstogether, Jakarta, Kamis, (12/04/2018).

Selain itu, terdapat pula apresiasi yang non verbal. Orangtua dapat menunjukkan dengan cara mengekspresikan kegembiraan. Kemudian, bisa lewat suara, dan gerak tubuh.

"Dari perilaku kita, anak akan melihat ketulusan. Bukan masalah hadiah tetapi soal ketulusan hati," tambahnya.

Hal tersebut juga dilakukan oleh aktris, Carissa Putri. Ketika buah hatinya, Quenzino Acana Naif pintar melakukan sesuatu, Carissa tidak segan - segan memberikan apresiasi. Hal ini menurutnya sangat penting karena untuk membuat kekuatan dan kedekatan terhadap anak. Sehingga, menurut Carissa, dirinya dapat terus dekat dengan buah hatinya.

"Aku kasih pujian dengan peluk dan cium. Kalau dia lakukan sesuatu yang bagus dan hebat," ungkap Carissa Putri.(tka)

Komentar

 
Embed Widget

x